Protes Uji Coba Nuklir Korut, Korsel Siarkan Lagu Gangnam Style

Protes Uji Coba Nuklir Korut, Korsel Siarkan Lagu Gangnam StyleIlustrasi @asiaone.com

Aksi Korea Utara melakukan uji coba bom nuklirnya dua hari lalu memicu protes dari negara-negara di dunia. Tak terkecuali rival paling dekatnya, Korea Selatan. Untuk memprotes negara pimpinan Kim Jong Un itu, negara yang terkenal dengan produk K-POP-nya itu melakukannya dengan cara yang unik.

Militer Korsel memutar lagu Gangnam Style milik penyanyi PSY di daerah perbatasan. Rencananya lagu fenomenal itu akan diputar Sabtu (9/1) sore waktu setempat.

Menariknya, aksi protes Korsel lewat lagu-lagu K-POP itu bukan pertama kalinya. Pada 25 Agustus lalu, militer negeri ginseng ini memutar lagu dari boyband atau girlband Big Bang, Girls Generation, dan IU. Saat itu Korsel memprotes ranjau darat Korut yang melukai tentaranya.

Siaran itu efektif membuat Korut gerah. Pihak Pyongyang bereaksi, memberi ultimatum akan melancarkan serangan jika siaran musik itu tidak dihentikan.

Sementara itu, aksi uji senjata nuklir itu merupakan pelanggaran berat karena melangkahi perjanjian kedua negara yang bertikai sejak puluhan tahun itu.

"Militer kami sudah siap sepenuhnya, jika provokasi Korea Utara terus berlanjut maka kami akan bertindak tegas," ucap Cho Tae-yong, seorang penasehat senior keamanan nasional Korea Selatan.

Menurut sejumlah laporan media internasional, bom nuklir Korut memiliki daya ledak luar biasa. Pada uji coba Minggu lalu, getarannya memicu gempa berkekuatan 5,1 SR. Atas hal tersebut, negara-negara maju di dunia mendesak PBB untuk memberikan sanksi berat. Demikian dilansir dari Reuters.

Nay