Nih, Arti Slogan Keren Polisi 'Turn Back Crime'

Nih, Arti Slogan Keren Polisi 'Turn Back Crime'Sosialisasi slogan Turn Back Crime @kompas.com

Slogan Interpol 'Turn Back Crime' akhir-akhir ini kerap muncul di berbagai linimasa sosial media. Tidak hanya polisi dunia, polisi dalam negeri pun mengenakan atribut bertuliskan kata-kata itu.

Namun, apa sebenarnya arti dari 'Turn Back Crime' tersebut?

Sejak digaungkan pada 2014 lalu, interpol sebagai jaringan polisi lintas negara di seluruh dunia mengampanyekan kesadaran masyarakat untuk terlibat bersama melawan kejahatan sistematis di sekitar mereka.

arti-turn-back

"Memerangi barang-barang dan obat palsu, kejahatan siber serta paedofilia adalah hal-hal yang harus diperangi bersama. Caranya dengan hanya membeli barang lewat outlet terpercaya dan berhati-hati dalam transaksi online," dikutip dari turnbackcrime.com.

Interpol mengendus modus para penjahat internasional untuk memperoleh uang salah satunya dari penjualan barang bajakan di seluruh dunia. Dengan memutus rantai itu, diharapkan jadi pukulan telak bagi organisasi kejahatan.

Mabes Polris sendiri menyambut baik kampanye itu dan ikut serentak mensosialisasikannya ke masyarakat sejak Juni dua tahun silam.

"Dengan menciptakan barang tiruan tersebut, mereka telah menggunakan kecanggihan teknologi dan kemudahan sarana dan transportasi untuk memperluas jaringan kejahatan di seluruh dunia," kata Karopenmas Mabes Polri saat itu Brigjen Pol Boy Rafli Amar.

Boy menjelaskan, dengan masifnya kejahatan pembajakan, akan berakibat buruk bagi kelangsungan perekonomian dunia.

"Hal itu seperti mencari jarum di tengah hutan. Semakin sulit dan rumit mengatasinya. Untuk itu diperlukan kerjasama secara internasional dengan kesungguhan bersama dari berbagai pihak. Dari organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, sampai dengan perorangan, untuk mengatasi masalah tersebut," ungkapnya.

Nay