Apple Watch Bisa Kendalikan Drone Layaknya 'Force' di Film Star Wars

Apple Watch Bisa Kendalikan Drone Layaknya 'Force' di Film Star WarsApple Watch kendalikan drone @youtube.com
Jika Anda adalah salah satu penggemar film Star Wars, maka Anda tak asing dengan salah satu kesatria Jedi yang mampu mengendalikan benda di sekitarnya dengan tangan tanpa menyentuhnya.

Rupanya teknik seperti itu bisa Anda terapkan di dunia nyata dengan memanfaatkan drone. Ya, Anda bisa mengendalikan drone layaknya memerintahkannya. Namun sebelumnya Anda memerlukan perangkat canggih Apple Watch.

Jam tangan canggih buatan Apple ini memang bisa menjalankan beberapa aplikasi. Meski sebenarnya aplikasi itu tidak bisa berjalan seperti halnya di smartphone, namun Apple Watch mampu mengendalikan drone, demikian dilansir Ubergizmo, Selasa (5/1/2016).

Menggunakan alat ini, peneliti Taiwan menemukan cara yang berbeda dan keren untuk mengendalikan drone layaknya menggunakan Force seperti yang diperlihatkan di film Star Wars.

Selama 18 bulan, peneliti yang tergabung dalam PVD+ membuat sebuah algoritma yang memungkinkan pengguna mengendalikan pesawat tanpa awak tersebut dengan Apple Watch dari jarak yang cukup jauh.

Co-founder PVD+ yang didirikan sejak tahun 2013 lalu, Mark Ven telah menunjukkan bagaimana dia melakukan gerakan saat tangan menggunakan Apple Watch untuk mengirimkan sinyal ke drone.

Tidak hanya untuk drone, Ven mengatakan jika metode ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat lain. Selain itu tim peneliti juga yakin jika cara ini mampu bekerja pada lampu yang bisa dikendalikan menggunakan gerakan tangan.

Meski telah didemonstrasikan dan mampu bekerja dengan baik, namun tim peneliti PVD+ mengaku masih belum ingin mengungkapkan rencana peluncuran komersial teknologi temuan mereka ini, demikian dilansir Reuters.

Lihat video demonstrasi mengendalikan drone ala Force Star Wars tersebut di atas!

mks