Harga Tomat Melonjak Rp 22.000 per Kg, Petani Panen Duit

Harga Tomat Melonjak Rp 22.000 per Kg, Petani Panen DuitPetani tomat ketiban rezeki menyusul melonjaknya harga jual di pasaran @rimanews.com

Melonjaknya harga tomat di pasaran membuat para petani di Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat berseri-seri. Mereka ketiban rezeki dengan harga jual tomat yang naik tajam.

Seorang petani bernama Eman Behiningan mengatakan harga tomat di pasar saat ini mencapai Rp 22.000/kilo gram. Harga itu sangat tinggi, sebab dengan harga Rp 3.000 per kilo saja para petani sudah untung.

Eman mengatakan kondisi ini menjadi kabar baik bagi para petani tomat. Sebab sepanjang akhir 2015 lalu terjadi kemarau yang membuat khawatir akan anjloknya harga tomat di pasaran.

Dia mengaku melonjaknya harga tomat itu memicu semangatnya untuk bertani tomat, terlebih rekan-rekan seprofesinya ada yang membeli motor dan mobil dari hasil berjual tomat.

"Teman-teman petani yang berani tanam banyak. Untungnya besar, sampai mereka bisa beli mobil. Ada yang beli motor, yang lain lagi bisa merehab rumah,"kata dia.

Pada musim panen tahun lalu, dengan lahan 400 meter persegi dan modal Rp 2 juta, Eman bisa meraup untung hingga Rp 12 juta.

Padahal saat itu harga tomat hanya Rp 3.000 per kilo dan dia melakukan tujuh kali panen.

"Kalau saya punya lahan cukup dan modal yang besar, saya berani menggarap lahan lebih luas. Saya pikir dengan harga Rp 3.000 kg saja kita masih bisa untung," kata dia menambahkan.

Nay