Knightscope, Robot Polisi Siap Basmi Kejahatan

Knightscope, Robot Polisi Siap Basmi KejahatanRobot polisi, Knightscope @robotsvoice.com
Perkembangan teknologi robot memang sudah semakin cepat beberapa tahun terakhir ini, bahkan kali ini dunia robot akan direncanakan menjadi salah satu alat yang mampu membantu tugas kepolisian.

Robot buatan Palo Alto ini nantinya juga akan membantu menumpas kejahatan dengan berbagai kelengkapan, seperti kamera, sensor inframerah yang mampu merekam dalam keadaan minim cahaya, atau juga mikrofon yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang yang ada di sekitarnya, demikian dilansir TechCrunch.

Robot bernama Knightscope ini mempunyai ukuran sedikit lebih besar dibanding manusia. Knightscope nantinya juga akan beroperasi di berbagai lokasi penting seperti area perguruan tinggi, sekolah, atau bahkan pusat perbelanjaan.

CEO Palo Alto, Stacey Dean Stephens merupakan seorang mantan penegak hukum. Ia mendapatkan ide ini karena dirinya ingin meminimalisir kejahatan dengan menggunakan jaringan robot.

Berawal dari ide itulah ia kemudian bersama dengan rekannya, William Li mendapatkan suntikan dana sebesar USD 12 juta dari Konica Minolta dan lainnya untuk merealisasikan pembuatan Knightscope.

Robot ini dikatakan oleh Stephens tidak akan menggantikan peran polisi, melainkan hanya berfungsi sebagai asisten manusia dalam meminimalisir dan menangani tindak kejahatan yang ada di sekitar.

Lihat video demo Knightscope di atas!

mks