Korupsi, Rektor Terganteng di Tiongkok Divonis Seumur Hidup

Korupsi, Rektor Terganteng di Tiongkok Divonis Seumur HidupZhou Wenbin divonis penjara seumur hidup @shanghaiist.com

Rektor Universitas Nanchang Zhou Wenbin yang mendapat predikat rektor paling tampan se-Tiongkok divonis hukuman seumur hidup karena kejahatan korupsi.

Hakim di pengadilan di Provinsi Jiangxi, Selasa (29/12) mendakwa Zhou Wenbin telah terlibat penggelapan dan menerima suap, dilansir dari Sina, Rabu (30/12).

Selama menjabat sebagai rektor sejak 2002 hingga 2013, Zhou sudah mengumpulkan uang haram hingga Rp 44,6 miliar, 300 ribu dolar Hong Kong (Rp 534 juta), 10 ribu dolar AS (Rp 138 juta). Tidak hanya itu, dia juga menerima voucher belanja bernilai puluhan juta hingga sebuah jam tangan Cartier.

Dia pernah dipilih oleh netizen Tiongkok sebagai rektor paling ganteng karena usianya yang relatif muda yakni 55 tahun dibandingkan rektor-rektor universitas lainnya di Negeri Tirai Bambu.

Dalam persidangan itu, Zhou berkali-kali membantah perbuatannya. Dia beralasan telah dijebak oleh gubernur Jiangxi. Selain itu, dia juga mengatakan mendapat tekanan dari pemerintah terkait kasus korupsi yang menjeratnya itu.

Nay