Orang Jepang Sengaja Bakar Rumah Sendiri Demi Asuransi

Orang Jepang Sengaja Bakar Rumah Sendiri Demi AsuransiKebakaran rumah di Jepang paling banyak disengaja @japantoday.com

Kasus kebakaran rumah di Jepang memecahkan rekor baru, dalam sehari terjadi 128 kali kebakaran dari Hokkaido sampai ke Okinawa.

Menariknya, penyebab kebakaran itu berubah dibandingkan 20 tahun silam.

"Kalau dulu penyebab kebakaran umumnya karena rokok, tidak sengaja, jatuh ke tatami kering terbakar dan semacamnya karena rokok. Tetapi sekarang penyebabnya berbeda," kata sumber, dilansir dari liputan khusus Tribunnews, Rabu (30/12).

Jika 20 tahun silam kasus kebakaran banyak terjadi akibat puntung rokok, namun saat ini kebakaran karena disengaja sang pemilik rumah.

"Kini penyebab kebakaran adalah houka atau disengaja oleh manusia itu sendiri. Selama 15 tahun terakhir ini menjadi penyebab pertama terbanyak kebakaran di Jepang," tambahnya.

Dia menjelaskan, salah satu faktor banyak warga Jepang membakar rumahnya sendiri karena himpitan ekonomi negara yang belum membaik.

"Sejak jatuhnya masa gelembung ekonomi di akhir tahun 1990 dan awal 2000, ditambah lagi kasus Lehman Brothers yang bangkrut, ekonomi Jepang masih terus susah hingga kini. Orang banyak yang frustrasi dan akhirnya membakar rumahnya sendiri untuk mendapatkan uang asuransi, berharap tak ketahuan pihak asuransi. Itulah yang dimaksudkan disengaja oleh manusia itu sendiri," jelasnya.

Maka dari itu, warga melakukan berbagai cara untuk mendapatkan klaim asuransi jika rumahnya terbakar, termasuk membakarnya dengan sengaja.

Nay