Peneliti Kembangkan Teknologi '2 Gambar dalam 1 Papan'

Peneliti Kembangkan Teknologi '2 Gambar dalam 1 Papan'2 Gambar dalam 1 papan @youtube.com
Peneliti Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) belakangan ini berusaha mengembangkan sebuah gambar yang mampu hadir secara 'ajaib'. Gambar yang dicetak oleh sebuah pencetak inkjet tersebut nantinya tidak hanya memiliki satu tampilan, tapi dua tampilan.

Peneliti menggunakan teknik pencetakan inject 2 dimensi, yang menampilkan satu gambar. Namun ketika material tersebut digenggam tegak, maka akan menunjukkan gambar lainnya, begitu pula ketika diputar, seperti dilansir Digital Trends, Senin (28/12).

Dalam hal ini peneliti EPFL akan mencetak tinta secara segaris pada lembar metalik yang menampilkan warna yang berbeda dan ditentukan pada bagaimana logam tersebut digenggam.

Beberapa warna akan muncul sebagai warga dominan ketika cahaya melintasi garis tinta cetak tersebut. Di saat bersamaan, warna yang lain akan terlihat sebagai warna lemah dan tidak menampilkan gambar.

Lalu ketika logam itu diputar, maka warna yang tadinya lemah akan berubah menjadi warna kuat dan berhasil menggeser gambar yang tadinya dihasilkan oleh warna kuat sehingga gambar akan berubah.

Perbedaan inilah yang memungkinkan peneliti untuk menghadirkan dua gambar sekaligus dalam satu logam. Mereka mengembangkan algoritma yang memprediksi pola warna yang akan muncul di sudut pandang yang berbeda.

Mereka membuat algoritma yang nantinya akan berfungsi sebagai inti untuk perangkat lunak pencetakan yang akan bisa dicetak melalui inkjet printer standar. Pada akhirnya peneliti akan mampu membuat dua gambar sekaligus dalam selembar kertas.

Sejauh ini teknik tersebut masih bisa diterapkan pada logam karena logam dapat membuat arah bayangan ketika cahaya menyentuh permukaan. Untuk itulah mereka berencana mengembangkan teknologi ini sehingga nantinya bisa diterapkan pada sistem keamanan uang kertas atau paspor.

Lihat video demo gambar 'ajaib' tersebut di atas!

mks