Dipecat Karena Hamil, 8 Guru di AS Gugat Sekolah Rp 3,9 Miliar

Dipecat Karena Hamil, 8 Guru di AS Gugat Sekolah Rp 3,9 MiliarIlustrasi guru hamil @irishcentral.com
Sejumlah sekolah di Amerika Serikat belakangan ini telah melakukan tindakan diskriminatif terhadap para gurunya. Beberapa guru di sana telah mengajutkan gugatan ke pengadilan karena merasa tidak mendapat keadilan, mereka dipecat hanya karena mereka hamil.

"Sekelompok guru mengajukan gugatan terhadap sekolah mereka setelah mereka dipecat karena hamil," demikian bunyi dokumen pengadilan federal di Illinois.

Dalam kasus ini pengadilan mengharuskan kepada Chicago Public Schools agar membayar ganti rugi sebesar US$ 280 ribu atau sekitar Rp 3,9 miliar demi menyelesaikan masalah.

Gugatan tersebut mengatakan jika delapan guru dipecat dari Sekolah Dasar Scammon yang merupakan bagian dari Chicago Public Schools dengan alasan yang tidak bisa dibenarkan.

Pemecatan tersebut diketahui tidak dilakukan serentak, melainkan berlangsung selama periode 2009 sampai dengan 2012, seperti dilaporkan Chicago Suntimes.

Chicago Public Schools sendiri telah menyetujui untuk mengganti rugi dengan jumlah tersebut. Mereka juga mengakui jika tentu ada masalah dengan pemecatan tersebut. Namun mereka mengatakan jika hal itu sebenarnya sudah ada dalam perjanjian.

Kini mereka berkomitmen penuh untuk mempromosikan lingkungan yang bebas diskriminasi atau perlakuan buruk. Langkah ini sekaligus menjadi sesi pelatihan bagi para manajer di lingkungan pendidikan, termasuk kepala sekolah dan bahawannya.

mks