10 Tips Hemat Hingga Akhir Bulan

Selasa, 22 Desember 2015 18:45
10 Tips Hemat Hingga Akhir BulanIlustrasi daftar belanja @tokopedia.com
Jika tidak mengelola keungan dengan baik bukan tidak mungkin jika Anda akan kehabisan uang sebelum akhir bulan. Hal ini juga banyak terjadi bagi sebagian besar orang yang tidak mengerti bagaimana cara tepat menyiasati masalah keuangan ini.

Dilansir dari brilio.net, berikut ada 10 tips hemat hingga akhir bulan yang mungkin dapat membantu Anda untuk mengatur keuangan sehingga Anda terselamatkan dari masalah bokek di akhir bulan.

1. Daftar belanja

Buat daftar belanja selama sebulan dan kemungkinan barang apa yang akan Anda beli saat pergi ke tempat nongkrong atau ke pusat perbelanjaan. Dengan demikian Anda tidak akan mengalami over budget.

2. Hati-hati sama pengeluaran kecil

Pengeluaran kecil adalah masalah yang paling sulit dikontrol. Solusinya Anda perlu membuat daftar belanjaan bulanan dan mengurutkannya berdasarkan skala prioritas.

3. Sisihkan uang di awal, bukan di akhir bulan

Setelah mencatat dan memperhitungkan kebutuhan pokok, sebaiknya sisihkan kurang lbeih 25 % gaji Anda di awal bulan dan berkomitmenlah untuk tidak menggunakannya kecuali saat keadaan darurat.

4. Hindari utang dalam bentuk apapun

Pikirkan kembali niat untuk membeli barang secara kredit, kecuali Anda berniat membeli rumah atau kendaraan yang sangat penting untuk kegiatan operasional.

5. Cari pendapatan tambahan

Saat Anda merasa kondisi keuangan tidak mencukupi kebutuhan, ada baiknya jika Anda mencoba mencari pendapatan tambahan atau membuat usaha kecil-kecilan yang dibutuhkan orang dan menghasilkan dalam jangka waktu singkat.

6. Hemat pulsa dan internet

Sebaiknya buat target pemakaian pulsa dan kuota internet, misalnya untuk pulsa 50 ribu dan paket internet 100 ribu sebulan. Hal ini untuk menghindari pengeluaran membengkak untuk kebutuhan satu ini.

7. Manfaatkan promo atau diskon

Di awal bulan, ada beberapa tempat belanja yang bisa memberikan diskon jika membeli dalam jumlah banyak. Bahkan di pusat perbelanjaan tertentu ada juga yang memberikan diskon lebih besar lagi jika membeli di akhir bulan.

Ada baiknya jika Anda memanfaatkan kesempatan ini, namun jangan lupa untuk tidak membeli kebutuhan yang sedang tidak benar-benar Anda butuhkan.

8. Membeli barang bekas

Saat ini barang bekas dengan kualitas dan perawatan sangat baik makin banyak jadi Anda tidak perlu lagi terlalu khawatir dan malu untuk mencari barang di toko barang bekas.

9. Rela untuk irit uang makan

Jangan sekali-sekali menghabiskan uang dengan membeli cemilan yang banyak. Hal ini akan membuat Anda kehilangan kontrol bahkan bisa saja membuat Anda kehabisan uang dan makanan sekaligus sebelum akhir bulan.

10. Sisihkan untuk investasi

Jika kondisi keuangan Anda sudah terkontrol dengan baik, ada baiknya pula jika Anda mencoba menginvestasikan uang Anda seperti membeli emas.
(De)
Komentar