Robot Astronot NASA Dilatih Pakai PlayStation VR Sony

Robot Astronot NASA Dilatih Pakai PlayStation VR SonyRobonauts NASA dilatih pakai PlayStasion VR Sony @vrfocus.com
Dalam rangka pengembangan Mighty Morphenaut, sebuah demo PlayStation (PS) berbasis VR, Sony kini tengah menjalin kerjasama. Dalam hal ini tidak hanya Sony yang diuntungkan karena PS berbasis VR tersebut nantinya bisa digunakan untuk melatih robot luar angkasa NASA.

PS tersebut nantinya akan menciptakan lingkungan sang robot, yakni simulasi pesawat antariksa, sehingga manusia bisa mempelajari bagaimana robot nantinya menggerakkan benda di sekitarnya ketika diberangkatkan dalam misi.

Robot humanoid NASA yang disebut sebagai Robonauts ini memang sengaja dirancang untuk membantu menausia di antariksa. Bahkan kemungkinan besar peran manusia nantinya akan tergantikan dengan Robonauts ini.

Sementara itu Mighty Morphenaut akan berjalan pada PlayStation 4 (PS4) yang kemudian mampu memberi paparan lingkungan Robonauts secara real time mengunakan virtual reality.

Robonauts kemudian mengikuti instruksi dari pengendali gerak (move controller) untuk meniru gerakan sang operator. Perlu diketahui jika penerapan nyata antara operator dan robot terpisahkan oleh jarak jauh, sehingga nanti sangat mungkin bila ada jeda atau lag di antara keduanya.

Dilaporkan dari NDTV, Robonauts dibuat untuk melakukan tugas sederhana yang dilakukan secara berulang-ulang, terutama di lokasi berbahaya seperti stasiun luar angkasa (ISS).

mks