Ini Perbedaan Miss World dan Miss Universe

Ini Perbedaan Miss World dan Miss Universe3 Pemenang Utama Miss World 2015 @abcnews.com
Beberapa dari Anda mungkin ada yang masih kesulitan membedakan 2 kontes kecantikan bergengsi dunia, yakni Miss Universe dan Miss World.

Pada Sabtu (19/12) di Sanya, Tiongkok, wakil dari Indonesia, Maria Harfanti berhasil mencetak rekor dengan menembus posisi Runner Up ke-2 di Miss World. Sedangkan yang berhasil meraih mahkota Miss World 2015 adalah kontestan dari Spanyol.

Keesokan harinya, Minggu (20/12) muncul lagi pengumuman heboh yang menyatakan pemenang Miss Universe 2015 bukanlah Miss Kolombia, tetapi Miss Filipina, Pia Alonso. Kesalahan penyebutan nama itu sempat memicu kontroversi berkepanjangan.

Pada intinya, ajang Miss World dan Miss Universe adalah 2 kontes kecantikan yang berbeda. Tidak ada yang lebih bergengsi karena keduanya mempunyai keunikan dan sejarahnya masing-masing.

Setelah 63 tahun digelar, Miss World akhirnya tak lagi memperlombakan para peserta dalam bikini kontes tahun 2014 lalu. Sedangkan gelaran Miss Universe masih mengusung kontes bikini sampai saat ini.

Kapan Miss Universe dan Miss World dihelat?
Sebenarnya 2 ajang ini diselenggarakan berbeda bulan, biasanya antara bulan Agustus sampai September. Baru tahun ini saja mereka menggelar acara yang berdempetan.

Di negara mana acara ini digelar?
Bisa di negara manapun. Bila Miss Universe terkesan sangat Amerika, Miss World lebih universal dan penentuan lokasinya bergantung pada sponsor acara.

Siapakah pemilik 2 kontes kecantikan ini?
Miss Universe Organization dulunya adalah milik Donald Trump. Sehingga tidak mengherankan bila acara Miss Universe sering diselenggarakan di Amerika Serikat. Namun Trump kemudian menjual Miss Universe Organization ke perusahaan AS WME/IMG September lalu dan juga menghentikan kontrak dengan NBC Universal.

Sedangkan Miss World Organization dibentuk orang Inggris, Eric Morley dan CEO dijabat oleh sang istri, Julia Morley usai Eric Morley meninggal dunia tahun 2000 silam. Oleh karena itu Miss Universe terkesan sangat lekat dengan dunia bisnis, sedangkan Miss World lebih kekeluargaan.

Kontes mana yang lebih sering digelar?
Perbedaannya sangat tipis, tahun 2015 ini Miss World telah menginjak tahun ke-65, sedangkan Miss Universe telah digelar ke-64 kalinya.

Peserta mana yang lebih banyak?
Tahun 2015 ini Miss World melibatkan 115 peserta, berbanding 80 dengan Miss Universe.

Siapa pesertanya?
Keduanya masih menganut sistem yang sama, yakni masing-masing peserta harus menjadi juara di tingkat nasional. Misalnya saja wakil dari Indonesia harus menjadi Puteri Indonesia dulu sebelum ikut Miss Universe, sedangkan untuk ikut Miss World maka harus memenangkan gelar Miss Indonesia.

Seperti apa penilaiannya?
Tiap ajang menilai dari segi penampilan ketika mengenakan gaun malam dan beberapa sesi wawancara. Seleksi Miss World melibatkan kerja sosial, penggunaan multimedia, kemampuan fisik, dan bakat. Miss Universe tahun ini melibatkan kontestan untuk memberikan penilaian secara online dalam rentang angka 0-10 terkait penampilan gaun, bikini, dan juga wawancara. Miss Universe juga menilai kostum nasional dari masing-masing negara.

Apa hadiah untuk pemenang?
Miss Universe 2014, Paulina Vega tahun lalu memperoleh gaji 1 tahun penuh, bebas sewa apartemen di New York, beasiswa 1 tahun di New York Film Academy, kerja modeling, duta profesi dan kehumasan, undangan ke sejumlah pertemuan, baju-baju gratis, dan masih banyak lagi. Sementara itu hadiah untuk Miss World tidak diketahui, namun yang pasti bentuknya adalah uang tunai.
hdk