Bos Perusahaan Farmasi Pembuat Obat HIV Ditangkap FBI

Bos Perusahaan Farmasi Pembuat Obat HIV Ditangkap FBIMartin Shkreli diamankan FBI @cnn.com

Bos perusahaan farmasi Turing Pharmaceuticals yang menjual obat HIV, Martin Shkreli ditangkap FBI dua hari lalu. Turing ditangkap karena dinilai berbuat "bohong, menipu, dan serakah."

Sebelumnya, Martin menjadi public enemy di Amerika karena seenaknya menaikkan harga obat HIV hingga 5.000 kali lipat.

Dari keterangan FBI, Martin ditangkap di rumahnya di Manhattan, dilansir dari Reuters, Jumat (18/12).

Sebelum menjabat sebagai CEO Turing Pharmaceuticals, Martin merupakan pialang saham, lalu pernah juga berkarir di MSMB Capital Management dan CEO dari perusahaan biofarmasi Retrophin Inc.

Pengadilan federal di Brooklyn, New York mendakwa Martin dengan tujuh dakwaan. Salah satunya dinilai secara ilegal mengambil saham dari perusahaan bioteknologi lainnya, Retrophine Inc dan menggunakannya untuk membayar utang lain.

Tak lama setelah penangkapan itu, Martin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Turing Pharmaceuticals dan menunjuk Ron Tilles sebagai CEO interim.

"Kami ingin berterima kasih kepada Martin Shkreli yang membantu kami membangun Turing Pharmaceuticals menjadi perusahaan penelitian yang berfokus dinamis seperti sekarang ini, dan ingin dia yang terbaik di masa depan," tulis pernyataan perusahaan.

Nay