Trik Buat Telur Orak Arik Super Lezat

Rabu, 16 Desember 2015 18:30
Trik Buat Telur Orak Arik Super LezatIlustrasi telur orak arik @wp.com
Sebagian besar masyarakat Indonesia tak lupa untuk menambahkan telur dalam menu sarapan. Telur sendiri mengandung protein yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas penuh seharian.

Memasak telur memang sangat mudah sebab telur bisa dimasak cukup dengan menggoreng ataupun merebus saja sudah sangat nikmat disantap. Namun akan lebih nikmat lagi ketika membuat orak arik telur dengan cara berikut ini. Seperti dilansir dari laman Sploid.

1. Tambahkan kuning telur

Dengan menambahkan kuning telur ekstra, telur orak arik buatan Anda tidak akan menjadi terlalu matang akibat proses koagulasi. Tak hanya mengendalikan suhu, kuning telur juga mampu meningkatkan cita rasa.

2. Gunakan susu

Banyak resep telur orak arik yang melibatkan susu sebagai salah satu bahannya. Ini, karena susu mengandung air dan lemak yang mampu membuat telur menjadi empuk saat dimasak.

Kedua kandungan tadi akan menganggu ikatan protein di dalam telur dan memecahnya, menghasilkan tekstur telur yang lembut.

3. Jangan terlalu lama mengocok

Mengocok telur terlalu lama hanya akan membuat telur orak arik Anda menjadi padat dan keras saat matang. Untuk itu, jangan kocok telur menggunakan whisker, melainkan garpu dan berhenti mengocok setelah telur berwarna kuning merata.

4. Gunakan api sedang

Saat menuangkan telur ke dalam wajan, atau pengorengan yang telah dipanaskan dan diberi butter, gunakan api sedang. Lalu kecilkan api secara perlahan, setelah telur sudah mulai matang mulai diaduk telur sedikit demi sedikit hingga merata.
(De)
Komentar