Nih Penyebab Gigi Berantakan Dan Tak Beraturan

Nih Penyebab Gigi Berantakan Dan Tak BeraturanIlustrasi pakai kawat gigi @blogspot.com
Beberapa waktu lalu tren memasang kawat gigi banyak dilakukan oleh anak-anak muda. Bukan hanya ikut tren saja, namun salah satu alasan mereka melakukan pemasangan kawat gigi adalah gigi yang berantakan dan tumbuh tidak beraturan.

Lantas apa penyebab gigi berantakan dan tidak teratur? Ternyata struktur gigi yang tidak beraturan tersebut bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, yakni lingkungan, keturunan serta faktor kebiasaan.

Menurut drg. Dwi Anie Lestari, Sp.Ort faktor lingkungan biasanya muncul ketika pada masa kanak-kanak seseorang sering pilek, sehingga sangat nyaman saat bernapas lewat mulut.

"Ketika bernapas lewat mulut, otomatis mulut anak menganga sehingga meningkatkan risiko memiliki gigi tonggos yang tidak beraturan. Selain itu, penting pula memperhatikan kebiasaan anak yang kerap menganga ketika serius menonton televisi. Biasanya struktur gigi depan mereka cenderung maju ke depan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Selain itu faktor genetik atau keturunan yang membuat struktur rahang dan gigi tumbuh kecil-kecil dan tidak beraturan. Serta faktor kebiasaan, seperti menghisap jempol, terlalu lama minum susu dari botol sehingga menimbulkan efek lain seperti menjulurkan lidah ketika berbicara.

"Kebiasaan menjulurkan lidah dan menggigit kuku dapat membuat gigi tumbuh menonjol dan merenggang. Sayangnya, hal ini tidak banyak disadari oleh para orang tua maupun masyarakat awam," lanjutnya.

Untuk itu penting bagi para orang tua untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi sang anak ke dokter sedini mungkin. Hal ini berguna untuk mencegah masalah malokusi pada gigi sang anak di kemudian hari, yang membuat mereka terpaksa menggunakan kawat gigi.
De