Dianggap Tak Becus Urus Komentar Rasis, Kantor Facebook Dirusak

Dianggap Tak Becus Urus Komentar Rasis, Kantor Facebook DirusakKantor Facebook di Jerman diserang @ibnlive.com
Kantor Facebook di Jerman belum lama ini mendapatkan perlakuan vandalisme dari warga sekitar. Dari laporan yang beredar, sekelompok orang telah menyerang kantor Facebook hingga kaca depan rusak dan ada pula tulisan berbunyi 'Facebook Dislike' di dinding.

Informasi sementara diketahui bahwa kantor itu diserang ketika tengah malam oleh sekitar 15 sampai 20 orang yang memakai pakaian hitam. Polisi pun sejauh ini masih menyelidiki kasus ini, seperti dilansir The Guardian, Senin (14/12/2015).

Terkait serangan ini, Facebook sendiri masih enggan memberi komentar. Namun banyak kalangan menduga jika serangan ini akibat kegagalan Facebook menyingkirkan ujaran kebencian yang berbau rasis.

Sebelumnya memang sudah dilakukan investigasi terhadap Kepala Facebook di wilayah Eropa karena maraknya komentar rasis yang terjadi di Facebook.

Salah satu penyebab banyaknya komentar rasis diperkirakan adalah karena banyaknya pengungsi yang membanjiri Jerman.

Managing Director Facebook untuk Eropa utara, pusat dan Timur, Martin Ott dituding oleh juru bicara pengadilan menjadi pihak yang bertanggung jawab atas maraknya kometar rasis di Facebook.

Namun Facebook sejatinya sudah berupaya memberantas komentar rasis dengan melakukan kerjasama pada kelompok bernama FSM, yakni kelompok yang aktif melawan rasisme.

mks