'Saya Lagi Beruntung' Bikin Google Rugi Rp 1,5 Triliun

'Saya Lagi Beruntung' Bikin Google Rugi Rp 1,5 TriliunTombol Saya Lagi Beruntung @google.co.id
Mesin pencari Google adalah salah satu situs atau mesin pencari yang paling banyak digunakan netizen di seluruh dunia. Namun siapa sangka Google ternyata bisa merugi sebanyak US$ 110 atau Rp 1,5 triliun tiap tahun hanya gara-gara tombol I'm Feeling Lucky atau Saya Lagi Beruntung. Bagaimana bisa?

Berdasarkan statistik yang dirilis Google, tombol tersebut setidaknya berkontribusi satu persen dalam tiap tahun. Ketika seorang netizen menekan tombol itu, mereka akan langsung di arahkan ke situs yang paling dekat dengan keyword yang ditulis.

Misalnya seseorang mengetikkan keyword 'apel', maka pengunjung secara cepat akan dikaitkan dengan situs yang membahas tentang apel, misalkan Wikipedia.

Sistem seperti ini akan membuat pengguna secara cepat melewati iklan yang ada, dan secara tidak langsung memutus rantai pendapatan Google. Artinya, dalam satu tahun tombol I'm Feeling Lucky cukup untuk mengurangi pendapatan Google yang begitu besar.

Kendati membuat rugi, namun Google tetap saja menghadirkannya dengan alasan banyak netizen yang terbantu dengan adanya tombol tersebut. Sementara ini Google telah berupaya mengatasi masalah itu dengan merancang iklan yang akan hadir di pencarian I'm Feeling Lucky.

mks