13-15 Desember Terjadi Hujan Meteor Geminid

13-15 Desember Terjadi Hujan Meteor GeminidHujan meteor geminid @universetoday.com
Penduduk bumi akan disajikan dengan fenomena alam yang unik, yakni salah satu hujan meteor terbaik sepanjang 2015. Setiap orang berkesempatan melihat hujan meteor geminid 2015 di langit yang tak berawan.

Meteor geminid cenderung sangat cemerlang dan berlatarkan bulan sabit. Hujan meteor ini juga bisa dilihat secara langsung dengan mata telanjang tanpa alat bantu apapun. Hujan meteor ini bisa dilihat setiap tahun antara tanggal 4 Desember sampai 17 Desember, dilansir ScienceAlert.

Tahun ini, penduduk bumi bagian utara akan melihat puncaknya yang diperkirakan berlangsung pada 13 dan 14 Desember. Sementara untuk bumi bagian selatan akan terjadi pada 15 Desember.

Jika Anda beruntung melihat puncaknya, maka Anda akan bisa melihat hujan meteor Geminid yang memperlihatkan 120 meteor per jam. Letak gugusan Geminid ini adalah di antara rasi Cancer dan Taurus.

Hujan meteor Geminid bisa memperlihatkan dua sampai tiga meteor yang jatuh sekaligus. Geminid juga melakukan perjalanan lebih lambat, lalu terbakar lebih terang dibandingkan meteor yang lain. Dengan begitu, meteor akan terlihat cukup lama dengan berbagai warna, seperti putih, hijau, biru, merah, serta kuning, demikian dilansir BBC.

mks