Video Robot Valkyrie NASA Menari Gemulai

Video Robot Valkyrie NASA Menari GemulaiRobot Humanoid R5 Valkyrie @youtube.com
Rencana NASA untuk menjelajah planet Mars lebih dalam memang bukan hanya omong kosong, kelompok ilmuwan AS tersebut telah menciptakan sebuah robot yang akan mereka terbangkan ke planet merah tersebut, yakni Valkyrie.

Belum lama ini mereka merilis video yang menunjukkan uji coba Valkyrie. Dalam tayangan berdurasi hampir dua menit itu prototipe R5 Valkyrie melakukan uji coba gerak mekanik, seperti berjalan, berlari, menyeimbangkan badan, atau bahkan menari.

Valkyrie terlihat cukup lincah mengikuti irama lagu ber-genre techno dengan gerakan robotik yang unik dan gemulai.

Ilmuwan NASA yang tengah mengembangkan robot humanoid ini menjelaskan jika uji coba ini dimaksudkan untuk mendemonstrasikan bagaimana kemampuan Valkyrie ketika melakukan gerakan yang mirip dengan manusia, seperti dilansir International Business Times, Jumat (11/12/2015).

Selama bertahun-tahun, NASA bekerjasama dengan dua universitas ternama AS, yakni Massachusetts Institute of Technology di Cambridge dan Northeastern University di Boston dalam proses pengembangan robot setinggi 6,2 kaki dengan berat 128 Kg ini.

Kini R5 Valkyrie telah memasuki tahap akhir dan rencananya akan dipamerkan bersamaan dengan acara NASA Space Robotics Challenge dalam waktu dekat ini. R5 Valkyrie adalah versi terbaik dari robot humanoid tersebut selama dua tahun terakhir.

Lihat video uji coba gerakan R5 Valkyrie di atas!

mks