ISIS Klaim 2 Pelaku Penembakan di California Pengikutnya

ISIS Klaim 2 Pelaku Penembakan di California PengikutnyaBendera ISIS @reuters.com

Kelompok militan ISIS mengklaim bahwa pasangan yang menembak mati 14 orang di San Bernardino, California, Amerika Serikat pada Rabu adalah pengikutnya.

Klaim ISIS itu diumumkan tiga hari setelah kejadian melalui radio online. Identitas pasangan pelaku adalah Syed Rizwan Farook, 28 tahun dan istrinya Tashfeen Malik, 29 tahun.

"Dua pengikut negara Islam menyerang beberapa hari yang lalu sebuah pusat di San Bernadino di California," bunyi siaran Radio Al-Baian.

Dalam penembakan itu, pasangan tersebut membawa lebih dari 1600 amunisi yang diangkut menggunakan SUV yang mereka kendarai.

"Kami juga menemukan beberapa material bom dan sejumlah amunisi lain saat memeriksa rumah tersangka," kata Kepala Polisi San Bernardino Jarrod Burguan, seperti dilansir Reuters.

Burguan menjelaskan, hingga kini motif serangan kedua pelaku masih belum diketahui.

Serangan itu dilakukan pada Rabu 2 Desember lalu sekitar pukul 11.00 waktu setempat di Inland Regional Center, 95 kilometer di timur Los Angeles. Selain dua pasangan itu, ada pelaku ketiga yang berhasil ditangkap.

Sementara Syed dan istrinya tewas ditembak polisi saat berusaha melarikan diri. Kasus penembakan ini menjadi yang terparah di Amerika Serikat setelah pembantaian sekolah Sandy Hook pada 2012.

Nay