Jejak Dinosaurus Terbesar Ada di Skotlandia

Jejak Dinosaurus Terbesar Ada di SkotlandiaStephen Brusatte di lokasi jejak dinosaurus super besar @telegraph.co.uk
Meski telah punah berjuta-juta tahun yang lalu, hewan raksasa dinosaurus sampai saat ini masih diteliti oleh para ilmuwan. Peninggalan seperti fosil dan bukti lainnya pun kerap kali ditemukan oleh para peneliti.

Yang terbaru, peneliti Stephen Brusatte bersama teman-temannya telah menemukan sebuah penemuan besar, yakni jejak kaki raksasa di zaman prasejarah di Skotlandia, seperti dilansir Mentalfloss.

Stephen menjelaskan jika dinosaurus berleher panjang yang disebut sauropoda telah menjelajah Skotlandia pada 170 juta tahun yang lalu.

Ia bersama tim menyimpulkan jika hewan ini mempunyai berat rata-rata mencapai 15 sampai 20 ton. Berat tersebut membuat jalan yang mereka lewati meninggalkan jejak di bebatuan pantai dekat Atlantik. Jejak inilah yang ditemukan oleh Stephen.



Ketika sedang berburu fosil, Stephen baru menyadari bahwa lubang zig-zag yang mereka lewati adalah jejak hewan raksasa prasejarah. Diketahui bahwa lubang itu mempunyai lebar 0,7 meter dan berjejer sampai ratusan lubang.

Temuan ini sekaligus membuktikan jika dinosaurus sauropoda ternyata suka berada di air. Temuan ini menentang pemikiran sebelumnya yang mengatakan bahwa sauropoda hanya hidup di hutan, demikian dilansir dari laman National Geographic.

mks