Pengamat: Jokowi Presiden Paling Repot

Pengamat: Jokowi Presiden Paling RepotPresiden Jokowi @kompas.com

Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio menilai sosok Jokowi sebagai presiden paling repot. Pasalnya, jajaran menteri kabinetnya justru terkesan lebih pintar.

"Komunikasi kabinet beda-beda, Jokowi Presiden paling repot, kalau dulu Pak SBY sama Setgab, dia (Jokowi) masalah kabinet semua. Setiap orang di kabinetnya lebih pintar," ujar Hendri, dilansir dari Okezone, Sabtu (5/12).

Dosen di Universitas Paramadina itu mempertanyakan keberanian Jokowi yang kabarnya akan melakukan reshuffle kabinetnya. Terlebih dengan memanasnya polemik kasus pencatutan namanya oleh Ketua DPR terkait perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

"Ini katanya mau ada reshuffle pertengahan katanya, tapi dengan beberapa nama disebut itu, apakah berani untuk di-reshuffle?" imbuhnya.

Meski demikian, Hendri mengapresiasi langkah Jokowi yang meredam perkara yang kini tengah dibahas di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Salah satunya dengan mengatakan jika dirinya tidak mempermasalahkan namanya dicatut dan upaya Jokowi tidak mengintervensi perkara tersebut.

"Dua kali (Jokowi) mencoba meredam, pertama bilang saya tidak apa-apa nama dicatut. Lalu dia mencoba mengambil jarak," tukasnya.

Nay