Pakar Telematika: Foto Mesra Pasha Ungu-Angel Karamoy Asli

Pakar Telematika: Foto Mesra Pasha Ungu-Angel Karamoy AsliAngel Karamoy - Pasha Ungu @liputan6.com
Belum lama ini jagat hiburan di tanah air sedang dihebohkan dengan tersebarnya 5 foto mesra Pasha Ungu dan Angel Karamoy. Salah seorang pakal telematika pun mengungkapkan pendapatnya mengenai keaslian foto skandal Pasha dan Angel tersebut.

Menurut Abimanyu Wachjoewidajat, 4 foto tampak wajar dan asli, sedangkan ada 1 foto yang terlihat melalui proses editan.

"Itu kan fotonya hasil repro ya, jadi masih sulit untuk dibuktikan kebenarannya. Tapi itu penampilan semua wajar, nggak kelihatan editan. Cuma 4 dari 5 itu, hanya satu saya masih ragu," kata Abimayu, Selasa (1/12) siang, seperti dikutip Kapanlagi.

Agar bisa membuktikan 1 foto asli atau tidak, maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan melihat foto master yang diambil pertama kali, bukan hasil reproduksi alias copy.

"Bisa banget. Kalau misalnya dianggap rekayasa, sekarang kan hasil repro, jadi belum bisa," katanya.

Ketika memperhatikan foto-foto Angel dan Pasha, Abimanyu mengatakan bahwa kemungkinan besar foto itu asli dan tidak ada rekayasa Photoshop di dalamnya. Walau begitu, lantaran foto itu hasil reproduksi, maka kebenarannya masih belum bisa dipastikan.

"Analisanya belum bisa dibilang matang ya. Saya cuman bisa menilai dari hal-hal yang umum saja. Dari situ saya lihat berdasarkan logika, tata warna, kewajaran, itu kemungkinan asli. Karena ya itu tadi, foto yang saya terima itu hasil repro," pungkasnya.
hdk