Kakek-Nenek Perawat Cucu di Australia Dapat Subsidi

Kakek-Nenek Perawat Cucu di Australia Dapat SubsidiIlustrasi @asiaone.com

Pemerintah Australia memberikan subsidi khusus untuk para lansia yang merawat cucu mereka.

Nantinya, semua kakek dan nenek yang mengasuh cucunya akan dibebaskan dari uji aktivitas perawatan anak.

Dengan demikian, mereka tidak memerlukan lisensi dan status sebagai pelajar atau perawat resmi sebab didanai pemerintah.

Pengasuh kakek dan nenek yang mendapat subsidi ini akan bebas mengakses penitipan anak hingga 100 jam dalam 2 pekan tanpa harus membayar biaya sepeserpun.

Menteri Pendidikan Simon Birmingham mengatakan, pemerintah mengalokasikan dana AUS$ 20 juta untuk melancarkan program tersebut.

"Kami sudah pasti mendengarkan masukan mengenai masalah ini dan telah mempertimbangkannya dalam dengan seksama untuk melakukan perubahan signifikan terkait ketentuan perawatan anak ini untuk memastikan bahwa kita mendapatkan undang-undang yang tepat," katanya, dilansir dari Australian Plus, Senin (30/11).

"Yang penting dalam perubahan kebijakan ini adalah kakek-nenek dan cucunya, kami hendak memastikan tersedianya dukungan bagi cucunya yang rentan dan membutuhkan tambahan pengajaran dan dapat mengatasi kesulitan keuangan kakek-nenek yang memberikan layanan yang luar biasa dalam membantu merawat cucu mereka ketika orang tua mereka tidak dalam posisi untuk melakukannya."

Sebelumnya, kebijakan serupa juga diterapkan di Korea Selatan. Di mana setiap kakek dan nenek yang merawat cucunya akan mendapat kompensasi per bulan dari negara. Besarnya mencapai 1 juta won atau setara Rp 12 juta per bulan dari pemerintah.

Nay