4 Tips Mendekorasi Rumah Menyambut Lebaran

Minggu, 28 Agustus 2011
4 Tips Mendekorasi Rumah Menyambut Lebaran

Bulan Ramadhan telah datang. Suci, penuh ampunan. Puasa pun jadi tanda sekaligus praktek utama penyucian lahir batin. Sebuah persiapan panjang menyambut hari kemenangan: Idul Fitri.

Berhasil mengatasi tantangan dan godaan sebulan penuh lamanya, sepatutnya disyukuri dengan gembira. Nah, tak ada salahnya mendekorasi ulang; mengubah penampilan interior rumah idaman Anda. Maksudnya, tak lain agar seirama dengan suasana batin penuh syukur. Lagi, penataan ulang ini juga bisa menjadi wujud kegembiraan kita saat menerima tamu serta kerabat yang datang bersilaturahim.

Tapi semoga ini bukan pertanda konsumtif. Apalagi konon kabarnya, di bulan puasa pengeluaran para ibu rumah tangga untuk belanja harian ikut meningkat. Karena itu, persiapan jauh-jauh hari, menentukan budget dan cerdas mendekorasi rumah menjadi kunci utamanya.

Nah, sehubungan dengan hal itu sebenarnya saya sudah memiliki beberapa tip yang relevan. Agar Anda tak repot bolak-balik mencarinya, saya kumpulkan di sini tip-tip tersebut. Selain berapa gagasan tambahan tentunya.

Tip lebaran 1:

Pengecatan Rumah

Pertama, adalah mengganti cat ruangan atau rumah sebagai alternatif menciptakan suasana baru di tengah kondisi budget yang terbatas. Hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan ialah, material cat harus berkualitas, menyerahkan pengecatan pada tukang yang ahli serta sedikit teknik mengekspos kontras warna namun tetap harmonis.

Kedua, tentang teknik kombinasi warna cat plafon, dinding dan lantai. Pemilihan warna cat interior hendaknya jangan terfokus pada cat dinding saja. Agar lebih optimal Anda perlu memberhatikan warna plafon dan lantai. Kombinasi warna ketiga elemen itu akan menciptakan efek tertentu bagi rumah idaman Anda. Setelah menyimaknya, silakan menentukan sendiri efek yang Anda inginkan atas ruangan-ruangan dalam rumah tinggal Anda.

Ketiga, tentang trik harmonisasi 2 warna cat kontras . Boleh jadi Anda ingin memberi kejutan penampilan interior Anda dengan menampilkan warna-warna kontras di ruangan. Agar penampilannya tetap harmonis lagi mengalir Anda perlu tahu beberapa kiat dasarnya. Setidaknya ada dua kiat yang bermanfaat: menggunakan furniture yang mengandung dua warna kontras pilihan Anda. Serta gunakan lukisan atau pigura lukisan yang memiliki 2 warna kontras pula.

Tip lebaran 2:

Dekorasi Lebaran

Elemen utama interior rumah tinggal adalah diri Anda sendiri. Segenap anggota keluarga. Kegembiraan bathin yang terpancar dalam sikap dan sapa penuh keiklasan dengan sendirinya akan membuat rumah menjadi teduh namun hangat. Siap menyambut kerabat.

Sebagai tambahannya Anda dapat memamerkan kain-kain tradisional koleksi Anda. Caranya letakkan kain itu dalam pigura yang sesuai di ruang tamu atau keluarga. Tatalah secara harmonis pigura itu di atas dinding yang bercat baru.

Tentu saja kaligrafi favorit Anda sangat layak dipertimbangkan sebagai bagian dari dekorasi rumah tinggal. Catatan saya, perhatikan betul komposisi warna, besarnya pigura agar harmonis dengan pilihan aksen warna ruang.

Jangan lupa, bersihkan credensa dari barang-barang yang tidak perlu. Dan manfaatkan untuk menaruh jajanan kering. Seperti permen atau buah segar. Beri kain taplak yang senada dengan warna dinding/hiasanya. Taruhlah bunga segar dalam vas di atasnya. Hmm!

Tip lebaran 3:

Ruang khusus untuk Anak dan Remaja

Mungkin di antara kerabat banyak membawa Anak atau Remaja. Nah agar mereka merasa bebas, siapkan ruang khusus dimana mereka dapat saling bertemu. Selembar karpet dekat TV atau di teras rumah mungkin jadi tempat favorit mereka.

Tip lebaran 4:

Ruang Tidur

Karena kedekatan, mungkin beberapa kerabat akan mampir ke ruang tidur Anda. Sekedar beristirahat atau hendak berganti baju. Karena itu jangan lupa cucilah cover bed Anda. Dan tutuplah seluruh tempat tidur beserta bantal dan gulingnya sebelum mereka datang. Agar kesan bersih mewarnai kunjungan mereka.

Nah selamat menata rumah tinggal Anda. Selamat menyambut Hari Besar nan Fitri 2011.

(annahape.com/rha)
Komentar