Komitmen Jerman Perangi ISIS, Kirim Jet Tornado & Kapal Perang

Komitmen Jerman Perangi ISIS, Kirim Jet Tornado & Kapal PerangJet tempur Jerman diterjunkan untuk perangi ISIS @rt.com

Kanselir Jerman, Angela Merkel, menegaskan komitmennya untuk menumpas habis ISIS di Irak dan Suriah.

"Kami lebih kuat dari terorisme apapun. Terorisme harus diperangi dengan semua kekuatan dan kami menyatakan berdiri di samping Perancis," kata Merkel, dalam kunjungannya ke Paris.

Di Paris, Merkel bertemu dengan Presiden Perancis, Francois Hollande dan Walikota Paris, Anne Hidalgo. Menurut Merkel, ISIS harus diperangi secara militer. Pihaknya menyatakan akan bergabung dengan negara lain yang menyatakan perang dengan ISIS.

Sebagai bukti kesungguhan Merkel, Jerman mengirimkan jet intai Tornado hingga sebuah kapal perang ke kawasan perairan Suriah.

Menteri Pertahanan Jerman Ursila von der Leyen menyatakan pihaknya mengirimkan 650 serdadu ke Mali untuk membantu Perancis memerangi ISIS.

"Kami akan dan harus tegas berpihak kepada Perancis dan melakukan segala upaya demi membantu mereka dalam situasi ini," kata von der Leyen.

"Kami akan memberikan kontribusi yang besar dalam mandat ini. Oleh karena itulah, kami akan segera mengirim 650 tentara setelah disetujui oleh perlemen," tambah dia.

Keputusan Jerman ini diambil menyusul serangan teroris di Paris 13 November lalu yang menewaskan 130 orang. Serangan itu membuat Presiden Hollande menyerukan memperkuat koalisi negara-negara dalam memerangi ISIS. Demikian dilansir dari the Guardian, Minggu (29/11).

Nay