3 Masalah Kepedasan & Cara Mengatasinya

Jum'at, 27 November 2015 16:20
3 Masalah Kepedasan & Cara MengatasinyaIlustrasi menggigit cabai @ngobas.com
Makanan pedas memang sangat menggiurkan apalagi di Indonesia banyak sekali makanan khas dengan cita rasa yang menggelegar pedasnya. Namun jika terllau pedas bibir dan mulut akan merasakan sensasi terbakar dan hal inilah yang menjadi masalah. Lantas bagaimana cara mengatasi kepedasan?

Dilansir dari laman India Times, berikut ini ada 3 poin masalah kepedasan beserta cara mengatasinya.

A. Mengatasi mulut kepedasan

1. Minum susu, makan yoghurt, atau makan es krim

Capsaicin adalah bahan dalam cabai, paprika, dan makanan pedas lainnya, yang membuat mereka terasa pedas. Produk seperti susu dan yoghurt mengandung protein yang disebut kasein.

Kasein berfungsi memecah capsaicin dan meringankan sensasi terbakar di mulut. Produk susu lainnya seperti mentega, keju, atau krim asam, juga bisa membantu mengurangi rasa pedas.

2. Makan sesendok gula atau madu dan diamkan di lidah selama beberapa menit

Capsaicin adalah minyak alami sehingga dengan mengisap gula batu dan membiarkannya di lidah dapat membantu menyerap capsaicin yang membakar mulut. Madu juga memiliki efek yang sama seperti gula.

3. Makan makanan seperti roti, nasi, atau kentang

Karbohidrat dalam ketiga makanan di atas mengandung zat tepung atau pati yang menciptakan penghalang antara capsaicin dan sisanya di dalam mulut.

Karbohidrat menyerap capsaicin sehingga mengurangi sensasi terbakar di mulut.

4. Minum air lemon

Air lemon mengandung efek alkalin bagi tubuhmu, dan membantu menetralisir keasaman dari rasa pedas.

Buah asam lainnya seperti jeruk, tomat, dan nanas juga mengandung efek alkalin, yang bisa membantumu tak kepedasan lagi.


B. Mengatasi mata terkena bahan makanan pedas

1. Bilas mata dengan susu

Susu membantu memecah capsaicin dan mengurangi sensasi terbakar. Kalau kamu menggunakan air, maka dia justru menyebarkan serpihan sisa bahan makanan yang bikin mata kepedasan tadi, sehingga matamu semakin perih. Maka, susu adalah bahan terbaik untuk membilas matamu saat kepedasan.

2. Cuci mata dengan larutan garam atau larutan lensa

Cairan di mata secara alami terasa asin. Larutan garam atau larutan lensa memberikan solusi karena sama-sama asin, sehingga bisa mendukung sistem pertahanan alami mata terhadap serpihan atau cipratan bahan makanan yang mengenai matamu.


C. Mengatasi makanan terlalu pedas

1. Tambahkan sedikit gula, madu, atau gula merah

Rasa manis dari ketiga bahan makan di atas dapat mengurangi rasa pedas pada masakanmu.

Tambahkan saja setengah sendok teh salah satu dari gula, madu, atau gula merah, saat masakanmu terlampau pedas. Atau kamu bisa terus tambahkan sesuai kebutuhan sampai rasa pedasnya pas.

2. Tambahkan bahan makanan lain

Kalau masakanmu terlalu pedas, lebih baik tambahkan bahan makanan lainnya untuk mengimbangi rasa terlampau pedas.

Misalnya tambahkan sayuran yang semula hanya sedikit, tambahkan garam, bubuk lada, dan sebagainya sampai rasa pedas agar masakanmu netral.

3. Tambahkan produk susu

Produk susu di sini bisa susu itu sendiri, yoghurt, maupun keju. Seperti disebutkan sebelumnya, bahan dari susu dapat menetralkan rasa pedas.

Mungkin kamu bisa mencobanya saat membuat soto pedas, lalu mencampurnya dengan susu guna mengurangi sensasi pedasnya, terlebih yang kamu buat soto Betawi yang memang kuahnya susu.

4. Tambahkan bahan makanan dengan efek alkalin

Seperti disinggung di atas, bahan makanan berefek alkalin dapat membantu meredakan rasa pedas. Jadi, kalau masakanmu terlalu pedas, coba tambahkan air lemon, asam cuka, atau tomat.

5. Tambahkan kacang ke dalam makanan

Kalau kamu punya kacang di rumah, kamu bisa mencampurnya ke dalam masakanmu supaya rasa pedas pada masakanmu dapat teratasi.
(De)
Komentar