Bawa Nama Tuhan, Lulung Yakin Ahok Tersangka Kasus UPS

Bawa Nama Tuhan, Lulung Yakin Ahok Tersangka Kasus UPSHaji Lulung @tempo.co

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana alias Lulung yakin jika lelang UPS bukan berasal dari anggota dewan, melainkan pemerintah DKI Jakarta. Bahkan, Lulung menuding Gubernur Ahok yang menjadi otak kasus korupsi pengadaan UPS tersebut.

Lulung menjelaskan argumennya, ada oknum dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang bermain dalam pengadaan barang. Nah, oknum tersebut tak lain adalah anak buah Ahok.

"Yang nomorin rekening oknum BPKD, ada aktornya. Kalau mekanisme diungkap sangat luar biasa ini, sangat luar biasa oknum BPKD dan Oknum Bappeda. Tidak mungkin anggota DPRD yang memasukan program itu memangnya tuhan," kata Lulung usai diperiksa penyidik sebagai saksi kasus korupsi UPS di Bareskrim Polri, Rabu (25/11).

Politisi PPP itu menerangkan mekanisme anggaran yang ada di Bappeda kemudian dievaluasi oleh Kemendagri. Selanjutnya pejabat pembuat komitmen meneruskan kepada pemerintah daerah.

"Saya bawa-bawa Tuhan kagak boleh. Tuhan kan berpihak kepada saya. Yang paling bertanggungjawab adalah Ahok," cetusnya.

Lulung mengaku penyidikan menjadi hak penyidik untuk meminta keterangan Ahok. Namun yang pasti, Lulung yakin Ahok yang harus bertanggung jawab dalam kasus ini.

"Gak tahu itu terserah penyidik. Inikan pendapat saya, lelang ini bukan dari DPRD," tandasnya.

Nay