Cinta Ditolak Gadis Pujaan, Dartam Dipasung 24 Tahun

Cinta Ditolak Gadis Pujaan, Dartam Dipasung 24 TahunDartam dipasung puluhan tahun @liputan6.com

"Sejak dulu beginilah cinta, deritanya tiada akhir." Ucapan terkenal tersebut adalah milik Cu Pat Kay, salah satu tiga bersaudara dalam dongeng perjalanan ke Barat.

Tak hanya dalam dongeng, penderitaan akibat cinta juga dialami seorang Dartam. Warga Desa Pageraji Kecamatan Cilongok Banyumas, itu dipasung keluarganya selama 24 tahun, gara-gara cinta.

Menurut kakak Dartam, adiknya sewaktu muda sering bergonta-ganti pacar alias playboy. Tapi semua berubah sejak cintanya ditolak oleh gadis pujaan hatinya dari Desa Jatisaba, Cilongok, Banyumas.

dartam-pasung

"Gadis itu lebih memilih laki-laki lain," kata sang kakak, Karsiwem.

Penolakan itu membuat Dartam terguncang. Emosinya menjadi labil tak terkendali hingga menjadi gila.

Sakit hati yang begitu hebat membuat Dartam gampang marah. Kemanapun dia pergi selalu membawa golok mengancam siapa saja yang dia temui. "Untuk menangkapnya kami minta bantuan orang pintar," ujar Karsiwem.

Praktis, keluarga tidak mau mengambil risiko akhirnya memasung Dartam. "Adik saya mulai dipasung 1991," imbuh Karsiwem

Sejak saat itu kehidupan Dartam berubah. Dia tak ubahnya hidup di penjara seluas kandang kambing. Sudah 2 dekade ini Dartam hidup meratapi nasibnya yang menyedihkan.

"Saya tidak tahu mengapa saya dimasukkan kandang ini," kata Dartam.

Anehnya, meski dipasung, Dartam mengaku tidak ingin keluar kandang tersebut. Sebab, dia tak tahu apa yang harus dilakukan di luar sana.

dartam-pasung

"Saya masih bisa makan tiga kali sehari. Tadi pagi makan pakai sayur terong," kata Dartam dalam bahasa Jawa ngapak.

Langkah keluarga memasung Dartam mendapat dukungan warga sekitar. Sebab jika bebas, ditakutkan dia menjadi ancaman masyarakat.

"Kalau dikeluarkan takut mengancam orang lain," kata tetangga Dartam, Siti.

Nay