Efek Buruk Buah & Sayur Berpestisida Bagi Kualitas Sperma

Sabtu, 21 November 2015 14:00
Efek Buruk Buah & Sayur Berpestisida Bagi Kualitas SpermaIlustrasi buah dan sayur @inatimes.co.id
Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi buah dan sayur. Tetapi, sebuah riset terbaru mengungkapkan bahwa buah dan sayur yang sudah terkontaminasi pestisida bisa merusak kualitas sperma. Hasil penemuan tersebut diperoleh berdasarkan dari jurnal Reproduksi Manusia.

Para peneliti melakukan analisa pada 338 sampel sperma dari 155 pria yang berusia 18 - 55 tahun. Tak hanya itu, para peneliti juga mengawasi pola makan para peserta dan mengelompokannya dalam jumlah pestida tinggi, sedang dan rendah berdasarkan data dari United States Departement of Agriculture (USDA).

Jenis sayuran dan buah yang mengandung pestisida adalah bayam, strobreri dan buah pir. Sedangkan anggur, kacang-kacangan dan bawang mengandung pestisida yang rendah.

Hasilnya, pria yang sedikit mengonsumsi buah dan sayur berpestisida rata-rata memproduksi 171 juta sperma/ejakulasi. Sedangkan, pria yang banyak mengkonsumsi buah dan sayur berpestisida rata-rata memproduksi 86 juta sperma/ejakulasi.

Pestisida mengandung suatu zat yang sangat berbahaya dan bisa mengganggu kinerja endokrin. Zat tersebut akan mengaktifkan gen yang bisa menghambat produksi sperma, bahkan efeknya bisa berlangsung dalam waktu yang lama.

Peneliti menyarankan agar mulai melakukan diet makanan organik sehingga bisa mengurangi efek buruk pestisida di dalam tubuh. Atau jangan lupa untuk selalu mencuci bersih sayur dan buah dengan air juga sabun sebelum mengkonsumsinya.
(De)
Komentar