5 Orang Yang Pernah Terinfeksi Belatung

Belatung di hidung

Belatung di hidungIlustrasi hidung @jpnn.com
Seorang pria yang berasal dari Sao Paulo, Brasil, mengalami kejadian langka yaitu hidungnya di penuhi oleh belatung.

Kasus ini telah di catat pada New England Journal of Medicine, pada saat itu, dokter memasukkan kamera ke dalam rongga hidung pria itu untuk mengambil rekaman video.

Dilansir Daily Mail, pria itu datang ke klinik, lalu mengatakan ada belatung yang keluar dari hidungnya. Setelah melakukan pemeriksaan pada bagian dalam hidungnya, dokter mengatakan bahwa dia menderita Myasis hidung.

Myasis hidung ini terjadi akibat lalat yang bertelur di hidung manusia dan sekitarnya lalu menetas menjadi belatung.

Pria itu mengalami kesulitan bernapas karena hidung dan wajahnya membengkak, lalu dokter meletakkan kamera ke dalam rongga hidung sebelah kiri dan menemukan lebih dari 100 belatung.

Bahkan, rongga hidungnya berwarna merah dan berisi cairan seperti bisul. Akhirnya, melalui bantuan kamera, secara perlahan dokter membersihkan belatung di hidungnya dengan larutan garam.

Dokter membutuhkan waktu 4 hari untuk membersihkan semua belatung yang berada di dalam hidung pria itu. Lalu, setelah di periksa ulang dengan kamera, hidung pria itu dinyatakan sembuh.

Belatung yang berada di dalam hidung pria itu adalah Cochliomyia hominivorax yaitu larva yang suka makan daging hewan berdarah panas.

2 bulan setelah kejadian itu, dokter melakukan pemeriksaan ulang dan menyatakan pria itu sembuh total serta tidak memiliki gejala lebih lanjut.
De