Suami Bergaji Kecil Terbiasa Membantu Tugas Rumah Tangga

Kamis, 19 November 2015 14:00
Suami Bergaji Kecil Terbiasa Membantu Tugas Rumah TanggaIlustrasi suami membersihkan rumah @snag.gy
Salah satu tanggung jawab suami adalah membantu istri, termasuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Tetapi, berdasarkan penelitian di Universitas Warwick di Inggris, suami yang memiliki gaji lebih tinggi, biasanya tidak mau membantu istrinya menyelesaikan tugas rumah tangga, seperti menyapu, mencuci piring, membersihkan perabotan dan sebagainya.

"Ada kecenderungan ketika penghasilan pria lebih rendah dari istri, mereka tidak keberatan untuk membantu mengerjakan urusan rumah tangga" ujar Dr Clare Lyonette dari Institue for Employment Research.

Lynotte, pemimpin penelitian, mengatakan bahwa banyak suami yang menganggap membantu istri adalah bentuk kasih sayang dan momen terbaik saat di rumah. Namun, kondisi ini tidak terjadi pada suami yang memiliki gaji tinggi.

Sebenarnya, secara umum hasil penelitian mengungkapkan bahwa suami yang mau membantu istrinya melakukan tugas rumah tangga jumlahnya semakin meningkat.

Tetapi, ada kondisi yang mempengaruhi motivasi tersebut, salah satunya jumlah gaji.

"Sekarang, pembagian tugas domestik antara suami dan istri cenderung lebih sejajar ketimbang masa lalu. Namun, jenjang gender antara pria dan wanita masih ada. Sebab, pada umumnya suami hanya melakukan pekerjaan yang mudah" terang Lyonette.

Pada akhirnya, penelitian ini menyimpulkan bahwa suami memang tidak bisa menyelesaikan tugas rumah tangga, tapi mereka mau melakukannya jika pekerjaan tersebut mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu.
(De)
Komentar