Efek Buruk Rokok Bagi Kesehatan Anak

Senin, 30 November 2015 05:00
Efek Buruk Rokok Bagi Kesehatan AnakIlustrasi merokok di depan anak-anak @kompas.com
Semua orang sudah mengetahui bahaya merokok, tetapi masih banyak orang yang mengonsumsi rokok dan menghiraukan risikonya.

Rokok bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, paru-paru dan gangguan pernapasan. Selain itu, rokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada sang buah hati.

Riset menemukan fakta bahwa orang tua yang aktif merokok bisa memiliki anak yang berisiko terkena sakit jantung. Efek negatif rokok akan lebih berbahaya jika sang buah hati sudah terkena paparan asap rokok sejak dalam kandungan.

Costan Magnussen, seorang peneliti dari University of Tazmania, Australia mengatakan "Sebaiknya, sebelum memutuskan memiliki momongan, cobalah menghentikan kebiasaan merokok, agar anak selamat dari ancaman penyakit jantung berbahaya," ujar Costan.

Dilansir dari Times of India, satu batang rokok mengandung banyak zat berbahaya yang mempunyai efek negatif bagi kesehatan tubuh seperti plak karotid pada jantung.

"Bahayanya bisa dua kali lebih parah dari yang terjadi pada orang dewasa," tambah costan.

Selain itu, merokok di depan anak yang masih kecil bisa merusak mental saat ia dewasa dan menghambat pekembangan otak serta tubuh.

Solusi paling tepat untuk menyelamatkan sang buah hati dari penyakit jantung adalah berhenti merokok.
(De)
Komentar