Rasis, Apple Store Usir Pria Kulit Hitam

Rasis, Apple Store Usir Pria Kulit HitamApple Store @bits.blogs.nytimes.com
Kejadian memalukan baru saja memimpa salah satu toko Apple atau Apple Store di Melbourne, Australia. Dalam sebuah video, pegawai Apple Store tersebut terlihat melakukan tindakan rasis, yakni mengusir remaja berkulit hitam yang berkunjung.

Pegawai Apple kala itu mengeluarkan alasan yang membuat warga kulit hitam sakit hati. Mereka mengusir enam remaja berkulit hitam itu dengan alasan mereka khawatir jika remaja-remaja ini akan melakukan pencurian.

Salah satu pegawai mencucapkan, "Orang-orang di sini takut akan keberadaan kalian, mereka takut bila kalian mencuri sesuatu."

"Apakah ada alasan kami melakukan pencurian?" ujar salah satu remaja yang tak mengerti apa yang dimaksud oleh pihak Apple Store.

Pegawai pun tanpa menjelaskannya lebih lanjut mengatakan jika tidak perlu ada perdebatan lagi dan mereka harus meninggalkan Apple Store.

Salah seorang pengguna Facebook bernama Francis Ose pun kemudian mengunggah video perlakuan rasis itu di akun pribadinya. Sontak saja video tersebut menjadi viral.

Banyak netizen yang geram dan menginginkan agar pegawai tersebut dipecat. Pihak Apple sendiri dilaporkan langsung mengatakan permintaan maaf kepada mereka yang telah diperlakukan kurang adil.

"Mereka (Apple) sudah minta maaf, jadi kami sudah tenang, tidak perlu membahas masalah ini lebih lanjut," ujar Mohammed Semra, salah seorang remaja yang diusir kala itu.

Lihat video rasis tersebut di atas!

mks