Bermain Laser di Pulpen, Bocah Ini Buta Permanen

Bermain Laser di Pulpen, Bocah Ini Buta PermanenLaser pointer @herozavr.ru
Meski terlihat sederhana dan tidak berbahaya, laser kecil yang mudah ditemui sebagai mainan atau biasanya berada di pulpen ternyata bisa berisiko sangat fatal. Seperti yang dialami bocah asal Australia ini.

Bocah laki-laki berusia 14 tahun itu salah satu matanya mengalami kerusakan permanen akibat laser pointer dari pulpen yang ia mainkan.

Remaja tersebut tetap tidak bisa menggunakan salah satu matanya meski telah berobat ke dokter spesialis mata. Dokter yang menanganinya mengatakan jika matanya sudah tidak bisa dipulihkan karena retina matanya sudah terbakar sinar laser.

Dokter Ben Armitage mengatakan, "Pasien ini mendatangi saya dan mengatakan pada Jumat malam dia memegang pulpen penunjuk laser atau laser pointer dan tanpa disengaja pulpen laser itu menyoroti matanya hanya dalam waktu sekejap."

Bocah tersebut mengatakan jika laser secara tak sengaja mengarah ke matanya dalam waktu yang sangat singkat. Ia pun tak merasakan rasa sakit sedikit pun, namu pandangannya mulai berkurang 25 persen dan semakin lama menjadi buta.

"Dan malangnya itu adalah bagian mata dimana pusat gambar detail bekerja dan karenanya memberikan dampak berkurang signifikan pengelihatannya," lanjut Dr Ben.

Kini, salah satu mata bocah ini tak bisa dipulihkan, bahkan tidak bisa menggunakan bantuan kacamata sekalipun. Sebaiknya Anda berhati-hati dengan laser meskipun terlihat sederhana.

mks