Mengembalikan File Terhapus Permanen

Rabu, 11 November 2015 15:30
Mengembalikan File Terhapus Permanenilustrasi @howtogeek.com
Tak sengaja menghapus file secara permanen adalah hal menyebalkan atau bahkan berdampak serius jika file tersebut bersifat sangat penting. Namun Anda tak perlu panik dulu karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen.

Perlu diketahui, meskipun terhapus permanen file tersebut tidak benar-benar hilang sepenuhnya, namun akan tertampung dalam suatu sistem berskala besar.

1. Langkah pertama adalah unduh aplikasi PC Inspector File Recovery dan pasang di komputer Anda.

2. Jalankan aplikasi tersebut dan Anda akan menemukan tiga opsi, yakni Recover deleted files, Find lost data dan Find lost drive. Pilih Recover deleted file seperti gambar di bawah ini!



3. Kemudian Anda akan melihat drive yang ada di komputer Anda. Contohnya jika Anda ingin mencari file yang terhapus di Local Disk D. Klik tombol centang warna hijau seperti berikut ini!



4. Tunggu proses scanning yang cepat atau tidaknya tergantung dengan ukuran dan banyaknya file di Drive tersebut. Dalam file-file tersebut Anda juga bisa melihat status file yang bisa dikembalikan menunjukkan keterangan Good.



5. Jika sudah menemukannya, klik kanan pada file tersebut dan pilih Save to ke lokasi yang Anda inginkan. Proses restoring akan segera berjalan. Cepat atau tidaknya juga ditentukan oleh besarnya file tersebut.



PC Inspector File Recovery adalah salah satu software yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen. Anda juga bisa menggunakan software lain yang banyak tersedia di internet. Selamat mencoba!

(mks)
Komentar