Pemerintah Sediakan Kuota 300 CPNS Disabilitas

Pemerintah Sediakan Kuota 300 CPNS DisabilitasCalon PNS ikuti tes @liputan6.com

Pemerintah melalui Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, ada 300 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi para penyandang disabilitas. Namun, sejauh ini yang lolos tahapan penjaringan baru 11 persen atau 33 orang.

"Artinya, masih jauh dari yang diharapkan," kata dia.

Mensos menjelaskan, Kementerian Sosial yang dipimpinnya salah satu fungsinya adalah memberdayakan warga kurang mampu, termasuk bagi penyandang keterbatasan fisik.

"Para penyandang disabilitas terus diperhatikan dengan serius oleh pemerintah, baik menyangkut hak-hak normatif, juga dalam mendapatkan penghidupan yang layak," kata Khofifah.

Karena minimnya CPNS disabilitas yang lolos seleksi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian PAN dan RB agar dibuka kembali kuota bagi para penyandang disabilitas. Namun, sebelumnya akan mengundang pegiat dan organisasi penyandang disabilitas untuk evaluasi.

"Dalam pertemuan tersebut, saya minta agar organisasi dan pegiat penyandang disabilitas menyiapkan SDM yang lebih siap dan nanti Kemensos akan meneruskan kepada Kemen PAN dan RB supaya dibuka kembali kuota CPNS," kata dia.‎

Tak hanya itu, Khofifah menjabarkan bahwa program pengentasan kemiskinan di Indonesia memerlukan keseriusan dalam banyak hal, seperti mulai dari pendampingan, metode, serta pendekatan.

Keseriusan diperlukan untuk memastikan peningkatan dan penguatan secara ekonomi, berdaya guna, tepat sasaran, dan tepat target.

Nay