Paus Kecam Pembocor Dokumen Rahasia Vatikan

Paus Kecam Pembocor Dokumen Rahasia VatikanPaus Fransiskus @bbcindonesia.com

Skandal bocornya dokumen rahasia Vatikan belum lama ini membuat Paus Fransiskus meradang. Pemimpin umat Katolik sedunia itu mengatakan pembocoran dokumen rahasia Vatikan sebagai "kejahatan" dan "tindak memuakkan" yang tidak akan menghentikan langkahnya menuju reformasi gereja.

Paus Fransiskus mengungkapkan pernyataan itu sebagai tanggapan pertamanya sejak dua orang yang dicurigai membocorkan dokumen rahasia itu ditangkap.

"Fakta yang menggusarkan ini tidak akan mengganggu perhatian saya dalam usaha reformasi sedang bergerak maju," kata Paus di hadapan puluhan ribu orang dalam upacara pemberkatan, Minggu (8/11), di Lapangan Santa Petrus.

Dua buku baru yang didasarkan dari dokumen rahasia itu mengungkapkan dengan rinci bagaimana beberapa tokoh pastor menolak perubahan keuangan dan kepengurusan Paus di Vatikan.

Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut tentang sifat dokumen yang dibocorkan itu. Yang jelas, Vatikan menyebut kebocoran itu sebagai "pengkhianatan serius terhadap kepercayaan yang diberikan Paus". Demikian dilansir dari The Guardian.

Nay