Pemotor Berteduh Sembarangan Kena Tilang Rp 250 Ribu

Pemotor Berteduh Sembarangan Kena Tilang Rp 250 RibuPemotor berteduh saat hujan bakal kena tilang @tempo.co

Musim hujan telah tiba. Sejumlah wilayah di Jabodetabek diguyur hujan ringan sejak beberapa hari lalu.

Seperti musim hujan sebelumnya, masalah yang kerap timbul di ibu kota adalah genangan air yang memperparah kemacetan. Masalah ini seolah tak ada habisnya meski petugas polisi sudah turun ke lapangan.

Kemacetan saat hujan turun diantaranya disebabkan oleh para pemotor yang berteduh di bawah terowongan dan jembatan penyeberangan orang (JPO). Ulah mereka ini tak pelak membuat antrean kendaraan menjadi mengular panjang sebab jalan menjadi sempit.

Terkait fenomena berteduh tersebut, kepolisian mengaktifkan kembali satgas banjir yang salah satu fungsinya menilang pengendara motor yang nekat berteduh sembarangan. Sanksi yang dikenakan bisa berupa kurungan penjara selama 1 bulan atau denda tilang Rp 250 ribu.

Kasubdit Gakkun Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, satgas banjir bisa membantu mengurangi kemacetan. Dia memperingatkan pengendara motor yang berteduh sembarangan akan ditilang.

"Sanksi Pidana yang tidak mematuhi Perintah Petugas diatur dalam pasal 282 UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Sanksi Pidana pasal 282 berbunyi: Setiap pengguna jalan yang tidak mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas Kepolisian Negara RI sebagaimana dimaksud dalam pasal 104 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak 250 ribu rupah," terangnya di Jakarta, Senin (9/11).

"Jadi kami kenakan sanksi itu sesuai dengan hukum yang berlaku. Karena para pengguna motor yang berteduh itu akan mengganggu lalu lintas. Jadi nanti ada petugas kita yang berpatroli. Kalau terlihat ada yang meneduh di bawah flyover, petugas langsung menghampirinya," tuturnya.

Budiyanto menambahkan, pihaknya tak akan segan-segan menindak para pengendara yang berteduh hingga menyebabkan kemacetan.

"Kita imbau supaya ketika hujan pengendara sepeda motor jangan berhenti di fly over karena mengganggu pengendara lain," tegasnya. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Nay