5 Hal Penting Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memiliki Anak

Rabu, 04 November 2015 14:50
5 Hal Penting Yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Memiliki AnakIlustrasi keluarga @kompas.com
Pasangan yang sudah menikah pasti berharap segera mempunyai anak. Karena, kehadiran anak akan melengkapi kebahagiaan di dalam keluarga kecilnya.

Keputusan mempunyai anak adalah hal yang sangat penting, karena Anda dan pasangan harus mempersiapkan banyak hal untuk masa depan sang buah hati.

Inilah 5 hal penting yang harus di pertimbangkan sebelum memutuskan mempunyai anak :

1. Karier atau pendidikan

Sebelum memutuskan mempunyai anak, bicarakan tentang pekerjaan atau pendidikan Anda dan pasangan.

Karena saat mempunyai anak, Anda dan pasangan harus bisa membagi waktu antara pekerjaan, pendidikan dan keluarga.

Salah satu solusi terbaik adalah Anda atau pasangan harus cuti dari pekerjaan atau pendidikan selama beberapa bulan atau tahun untuk merawat si kecil.

2. Mengasuh anak

Setiap orang tua punya cara sendiri dalam hal mengasuh anaknya. Mengasuh anak dengan gaya apapun intinya semua orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Sebelum memutuskan mempunyai anak, bicarakan pola mengasuh anak agar kelak Anda dan pasangan tidak saling menyalahkan saat sang anak mengalami suatu hal.

3. Pendidikan iman dan agama

Jika Anda dan pasangan memiliki keyakinan agama yang berbeda, bicarakan pilihan yang terbaik sebelum memutuskan memiliki anak agar tidak terjadi masalah saat anak dewasa.

Biasanya, orang tua yang mempunyai keyakinan agama berbeda akan membiarkan sang anak memilih sendiri keyakinan agamanya saat ia sudah dewasa.

4. Biaya pendidikan

Pendidikan formal adalah salah satu hal penting yang harus di berikan pada anak. Sebelum memutuskan mempunyai anak, bicarakan dan rencanakan tentang pemilihan sekolah dan biayanya.

5. Tempat tinggal

Sebelum si kecil lahir, Anda dan pasangan harus menyiapkan kamar atau rumah yang lebih luas.

Karena bertambahnya anggota keluarga juga akan menambah barang di rumah Anda.
(De)
Komentar