5 Manfaat Wine Untuk Kesehatan

Minggu, 12 Juni 2011
5 Manfaat Wine Untuk Kesehatan

Jangan salah menilai para penggemar minuman anggur, lho! Sebab hobi ini justru akan memperpanjang usia mereka.Minum wine atau anggur merupakan budaya yang tak bisa ditinggalkan masyarakat Barat. Bukan hanya di acara khusus, minum wine sering juga dilakukan saat berkumpul dengan teman-teman dan sahabat.Ada beberapa jenis wine yaitu white wine, red wine, champagne atau sparkling wine. Secara umum wine dibuat dengan mengambil sari buah anggur, lalu ditambahkan gula, air dan ragi jenis tertentu. Kemudian larutan ini difermentasikan hingga terbentuk senyawa alkohol.

White wine biasanya memiliki rasa dan aroma lebih ringan, manis dengan aroma buah, sedangkan red wine lebih kaya akan aroma. Champagne atau sparkling wine termasuk jenis wine yang dibuat dengan teknik tertentu sehingga terbentuk gelembung (bubble) di dalamnya. Champagne sering disajikan sebagai minuman aperitif atau pengiring dessert.

Tak cuma sebagai pelengkap kuliner, wine ternyata juga telah lama menarik perhatian pakar kesehatan. Beberapa penelitian menyatakan mereka yang sesekali mengkonsumsi wine, memiliki risiko mati muda kurang dari 33% dibanding yang tak pernah mengkonsumsi wine. Sedangkan mereka yang rutin minum wine memiliki risiko kematian akibat kanker dan penyakit jantung lebih rendah secara signifikan. Mengkonsumsi wine secara teratur juga mampu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang mer

Penelitian lain menyatakan kandungan fenol pada wine dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menghambat pertumbuhan kanker payudara dan mengurangi pertumbuhan kanker prostat, serta antoksidan reseveratrol dalam wine mampu menghambat pertumbuhan sel kanker hati.

Inilah 5 manfaat wine untuk kesehatan :

1. Mempertahankan Skala Jantung

Wine dapat meringankan massa tubuh. Mereka yang minum wine memiliki pinggang lebih ramping dan tidak berlemak.

2. Membangun Kekebalan Tubuh

Satu gelas wine sehari dapat mengurangi 11 persen risiko terinfeksi bakteri Pilorus Helicobacter, penyebab penyebab utama radang perut, borok, dan kanker perut. Sementara penelitian di Spanyol menyebutkan bahwa orang yang minum setengah gelas per hari bisa berjaga-jaga terhadap keracunan makanan akibat kuman Salmonella jika makan makanan yang kotor.

3. Baik untuk Penderita Ovarian

Para peneliti di Australia mengungkap, wine dapat mengurangi risiko kanker ovarian sampai 50 persen. Kandungan anti oksidan atau phytoestrogen dalam wine memiliki kontra-kanker tingkat tinggi.

4. Membangun Tulang Lebih Baik

Orang yang minum secara moderat, memiliki massa tulang yang lebih tinggi daripada orang yang tidak mengonsumsi wine sama sekali. Alkohol bisa menaikan tingkat estrogen. Hormon itu melambatkan kerusakan tulang yang sudah tua ketimbang melambatkan produksi tulang baru.

5. Mengatasi Gula Darah

Pada wanita pre menopause yang minum wine satu gelas per hari, bisa mengurangi sekitar 40 persen tipikal diabetes. Sementara studi itu belum mencapai final, wine sepertinya bisa membangun insulin penolong bagi pasien diabetes

(news.id.msn.com/rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar