WiFi Bisa Deteksi Orang di Balik Dinding

WiFi Bisa Deteksi Orang di Balik DindingIlustrasi @gizmag.com
Kebutuhan untuk mengakses internet membuat jaringan WiFi sangatlah penting. Bahkan terkadang orang lebih mementingkan mencari WiFi daripada melakukan kegiatan yang penting untuk mengisi waktu luang.

Selama ini, WiFi memang hanya digunakan untuk koneksi internet dan menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain saja. Namun ilmuwan tengah mengembangkan teknologi yang menjadikan WiFi menjadi lebih bermanfaat, yakni mengetahui orang yang ada di balik dinding.

Cara kerjanya cukup sederhana, komputer akan mengirim sinyal ke WiFi dari satu sisi dinding dan sinyal tersebut akan mengetahui orang yang ada di balik dinding tersebut. Refleksi dari orang tersebut dikirim ke software yang bisa mendeteksi bentuk kasar tubuh.

Dalam pengembangan selanjutnya, peneliti berharap jika kemampuan tersebut akan bisa digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang ada di balik dinding tersebut menggunakan bahasa mesin, algoritma yang pada bahasa tersebut bisa membedakan bentuk tubuh.

"Kami menggunakan siluet manusia yang diambil dari algoritma rekontruksi untuk melatih klasifikasi pada siluet yang memungkinkan kita untuk membedakan orang. Klasifikasi tersebut menangkap tinggi badan dan tubuh, yang bisa membedakan orang menggunakan sinyal RF," ujar salah satu peneliti bernama Fadel Adi dari MT.

Dengan teknologi ini, diklaim akan ada banyak pihak yang merasa terbantu, seperti upaya perusahaan mengamankan kantor mereka, atau masyarakat yang juga bisa memantau keadaan sekitar rumah mereka.

mks