4 Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan Otak

Selasa, 27 Oktober 2015 16:40
4 Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan OtakIlustrasi membaca buku @okezone.com
Terkadang, kita merasa sangat malas untuk membaca buku. Jangankan membaca, melihat buku saja sudah membuat mood kita jelek. Saat bersantai kita lebih suka bermain gadget, menonton film atau menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman.

Tidak ada yang salah dengan kegiatan tersebut, karen itu adalah hal yang positif. Sebaiknya, mulai saat ini sisihkan waktu untuk membaca buku. Sebagai permulaan pilihlah buku yang tipis tapi isinya menarik.

Dengan membaca buku maka ilmu pengetahuan dan informasi Anda akan bertambah, selain itu membaca buku akan membuat organ otak selalu aktif dan bermanfaat bagi kesehatan.

Inilah 4 manfaat sehat dari membaca buku :

1. Menurunkan stres

Menurut penelitian di Sussex University pada tahun 2009, membaca buku dapat membantu mengurangi tingkat stres. Karena, pada saat membaca buku secara tidak sengaja kita akan melupakan masalah yang terjadi.

Selain itu, jika kita membaca hal yang positif, energi dan pikiran positif kita juga bertambah.

2. Organ otak tetap aktif dan tajam

Robert S. Wilson Ph.D., seorang ahli medis mengatakan "dengan rutin membaca buku setiap hari, otak kita juga ikut berolahraga, jadi akan tetap aktif dan tajam".
Jadi, membaca buku akan membuat memori otak kita lebih tajam.

3. Menghindari penyakit Alzheimer (pikun)

Kebanyakan penyakit pikun menyerang orang yang sudah lanjut usia. Tapi, saat ini banyak orang yang masih berusia muda sudah terserang penyakit pikun.

Membaca buku akan menguatkan organ otak sehingga akan terhindar dari resiko terserang pikun.

4. Obat susah tidur

Jika mengalami insomnia, solusi yang paling ampuh adalah membaca buku. Karena dengan membaca buku, pikiran akan tenang dan rasa mengantuk akan datang lebih cepat.
(De)
Komentar