8 Kebiasaan Baik Yang Buruk

Jum'at, 31 Desember 2010

Semua orang ingin memiliki tubuh sehat. Untuk memiliki tubuh sehat tentu harus membuang kebiasaan yang buruk seperti merokok, dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih sehat . Namun, tanpa disadari ternyata ada beberapa kebiasaan baik yang dapat menjadi tidak baik jika kita melakukannya secara ekstrim.

Mengkonsumsi vitamin secara berlebihan.

Tidak ada yang salah jika kita mengkonsumsi multivitamin setiap harinya, namun jika seseorang mengkonsumsi suatu vitamin secara berlebihan dapat membuat vitamin tersebut menumpuk terlalu banyak di tubuh dan tidak dengan semestinya. Tubuh kita memang membutuhkan vitamin dan mineral, namun daripada mengkonsumsi multivitamin, lebih baik kita mendapatkan vitamin dan mineral dengan mengatur makanan yang kita makan.

Mengkonsumsi air secara berlebihan.
Air dibutuhkan dalam setiap proses yang terjadi dalam tubuh kita, dan kekurangan air/cairan dapat berdampak tidak baik bagi tubuh kita. Namun, mengkonsumsi air secara berlebihan tidak hanya membuat kita pusing dan mual, tetapi juga dapat membuhuh kita. Konsumsi air yang terlalu banyak, menyebabkan sel-sel dalam tubuh kita bekerja keras untuk menyerap air tersebut guna menyeimbangkan kadar sodium dan elektrolit dalam aliran darah. Jika sel otak kita membengkak dan rusak, dapat menyebabkan jaringan syaraf dan otak menjadi rusak dan mengakibatkan kematian.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut secara berlebihan
Ada beberapa orang yang menaruh perhatian yang besar terhadap kebersihan gigi dan mulut, namun jika dilakukan secara berlebihan hal ini dapat menyebabkan kematian. Dalam menjaga kebersihan gigi dan mulutnya, beberapa orang seringkali menyikat giginya terlalu sering dan keras. Jika kita terlalu keras dalam menyikat gigi, dapat menyebabkan gusi kita terluka dan email gigi kita terkikis.

Menjaga tubuh kita dengan berbagai produk antibakteri
Membersihkan diri membantu kita terhindar dari berbagai bakteri jahat. Namun dari penelitian para ahli, jika kita terlalu sering menggunakan sabun antibakteri, terutama sejak kecil, dapat menyebabkan kita menjadi alergi dan merusak kulit kita. Jika kita terlalu menjaga tubuh kita dengan berbagai produk antibakteri, maka kita akan rentan terkena penyakit karena daya tahan tubuh kita menjadi lemah. Tubuh kita memerlukan tantangan untuk membuatnya menjadi kuat melawan penyakit dan bakteri.

Melindungi tubuh dari sinar matahari secara berlebihan
Beberapa orang menghindari terkena sinar matahari untuk mencegah kerusakan kulit, penuaan, dan juga kanker kulit. Tetapi tanpa disadari mereka malah membuat dirinya menjadi sakit, sebab tulang mereka menjadi lemah dan rapuh karena kekurangan vitamin D. Vitamin D yang bisa kita dapatkan dari sinar matahari dapat membuat tulang kita menjadi lebih kuat.

Terkena sinar matahari secara berlebihan
Sebaliknya, ada beberapa orang yang terus menerus berada di bawah terik sinar matahari tanpa menggunakan pelindung guna membuat kulitnya menjadi lebih gelap. Tapi kebiasaan berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan tanpa menggunakan pelindung kulit dapat membuat kulit kita terbakar, mengalami penuaan dini, dan juga beresiko terkena kanker kulit.

Berolahraga secara berlebihan
Berolah raga sangat baik agar tubuh kita tetap sehat. Namun terlalu banyak berolahraga dapat membuat tubuh kita tidak dapat melawan penyakit karena kelelahan, cidera dan membuat otot kita tidak dapat kembali seperti semula. Terlalu banyak melakukan olahraga juga dapat menyebabkan otot kita rusak.

Menjaga pola makan secara berlebihan
Makan makanan yang sehat baik untuk tubuh kita, namun ada beberapa orang yang sangat menjaga pola makan mereka dan akhirnya menyebabkan mereka sakit. Orthorexia merupakan suatu bentuk kelainan pola makan yang berawal dari makan makanan yang sehat namun kemudian menjadi kebiasaan yang tidak dapat ditinggalkan. Orthorexia tidak menyebabkan Anda kekurangan gizi, tetapi dapat membuat umur seseorang menjadi pendek karena hanya membatasi makanan makanan yang sehat.

Komentar