Ponsel Jadul Bisa Cegah Kerusakan Hutan!

Ponsel Jadul Bisa Cegah Kerusakan Hutan!Ponsel jadul @youtube.com
Pernahkan Anda berpikir jika ponsel jadul ternyata bisa mencegah hutan dari kerusakan? tidak bukan. Sebuah organisasi yang mengumpulkan posel jadul, Rainforest Connection mengatakan jika ponsel jadul bisa menjadi salah satu bahan pendeteksi penebangan liar.

Ponsel jadul bisa dibongkar dan dihapus segala data yang ada di dalamnya. Kemudian, diprogram ulang serta ditambahkan panel surya, setelah itu di letakkan di puncak pohon.

Hal itu tidak membuat pengamat hutan bisa mendengar semua percakapan para penebang liar, akan tetapi ponsel tersebut bisa mendengar suara gergaji. Bahkan mikrofon modifikasi yang disematkan dalam ponsel bisa mendengar suara gergaji yang jauhnya mencapai 1,6 Km.

Setelah mendengar suara tersebut, ponsel akan mengirimkan sinyal ke lembaga lokal yang bertugas melindungi hutan agar bisa segera melakukan tindakan.

Rainforest Connection mengatakan jika teknologi modifikasi dari ponsel jadul ini bisa melindungi setidaknya 300 hektar hutan yang terancam punah atau setara dengan menghilangkan 3.000 mobil di jalan dalam satu tahun, seperti dilansir The Manual.

Kerusakan hutan sendiri sejauh ini menjadi salah satu fokus pemerintahan dunia yang cukup serius. Karena kerusakan hutan inilah yang menyebabkan perubahan iklim, seperti yang dilaporkan PBB.

Untuk berpartisipasi dalam pelestarian hutan ini, Anda bisa mendonasikan ponsel jadul Anda di laman Rainforest Connection.

mks