Fenomena Cahaya Biru Di Pantai Hongkong

Fenomena Cahaya Biru Di Pantai HongkongCahaya Biru Pantai di Hongkong @static6.com
Saat malam hari pemandangan cahaya biru di pantai hongkong memang terlihat sangat indah.

Tetapi, di balik indahnya cahaya biru tersebut banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya itu adalah tanda bahaya dari alam.

Menurut peneliti laut Hongkong, cahaya biru di pantai adalah tanda dari ledakan jumlah spesies alga berbahaya dengan nama latin Noctiluca scintillans.

Spesies Alga Noctiluca cukup spesial karena tergolong spesies tanaman dan hewan sekaligus.
Banyaknya jumlah alga jenis ini bisa menjadi tanda pencemaran lingkungan yang parah di kawasan tersebut.

Fenomena Cahaya Biru Di Pantai Hongkong @static6.com

Sejumlah penelitian di daerah India menjelaskan bahwa spesies alga Noctiluca scintillans dapat mengalami pertumbuhan pesat saat terkena zat kimia dari limbah pertanian.

"Ledakan populasi alga Noctiluca scintillans dapat berakibat fatal bagi kehidupan laut dan tambak penduduk di sekitar pantai." kata Samantha Joye, pakar kelautan dari Universitas Georgia.

"Foto-foto cahaya biru di pantai Hongkong memang sangat indah. Namun sangat disayangkan bila cahaya biru itu dihasilkan oleh alga Noctiluca," tambah Joye dilansir Daily Mail.

Noctiluca scintillans atau disebut juga Sea Sparkle, merupakan jenis dinoflagelata (ganggang api) yang memiliki bioluminescence (kemampuan mengeluarkan cahaya secara alami).

Bioluminescence ini diproduksi oleh luciferin-luciferase system yang terletak di ribuan organel-organel berbentuk bola atau microsources, lokasinya berada di sitoplasma pada protista bersel tunggal.

Ukuran dari organisme ini sekitar 200 hingga 2,000 m.Spesies Noctiluca scintillans memang dikenal dapat membuat perairan tempatnya tumbuh menjadi beracun.

Racun tersebut tidak dihasilkan oleh Noctiluca, melainkan aktivitas hidupnya. Daerah tempat tumbuhnya alga Noctiluca scintillans biasanya mempunyai kandungan amonia yang besar sehingga ikan-ikan akan menghindarinya.


De