Kabut Asap Bikin Nelayan Nyasar di Tengah Laut

Kabut Asap Bikin Nelayan Nyasar di Tengah LautKabut asap mengganggu nelayan melaut @detik.com

Kabut asap kebakaran hutan membuat sejumlah nelayan di Desa Bagan, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara kesasar di tengah laut.

"Kabut asap cukup tebal itu banyak yang membingungkan nelayan kecil Percut Seituan dan kadang-kadang mereka sudah berada di tengah laut yang sangat jauh," kata seorang nelayan Agus (42) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Bagan Percut, Kamis (8/10).

Menurut Agus, nelayan takut berlayar pada hari-hari padat kabut asap seperti saat ini. "Namun, kejadian seperti ini tidak mereka perdulikan, demi mencari sesuap nasi," ujar Agus.

Para nelayan itu, ujarnya, sering nyasar belayar hingga ke perairan Pantai Labu, Kabubaten Deli Serdang dan Belawan akibat kabut asap.

Rata-rata yang mengalami gangguan tersebut adalah nelayan dan pemancing di perairan Percut Seituan yang berjarak tiga mil dari kolasi TPI itu.

"Namun, hal tersebut tidak pernah mereka permasalahkan dan yang penting bagi kami, setiap pergi melaut bisa menghasilkan tangkapan ikan yang cukup banyak," katanya.

Tak hanya terganggu asap, pendapatan nelayan juga merosot drastis. Sebelum adanya asap, para nelayan mampu mendapatkan Rp 700 ribu sekali melaut, namun kini hanya Rp 250 ribu jika beruntung.

Akibat lain, jarak pandang nelayan kini menjadi terbatas 20 hingga 25 meter. "Kalau tidak hati-hati bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia. Demikian dilansir dari Rimanews.

Nay