Wah Rupanya Gosip Baik Untuk Kita!

Selasa, 06 Oktober 2015 15:00
Wah Rupanya Gosip Baik Untuk Kita!Ilustrasi menggosip @fokusjabar.com
Gosip, kabar buruk, berita bohong atau apapun itu yang isinya mayoritas mengenai keburukan orang lain selama ini dianggap bukan hal yang baik.

Tapi ternyata, penelitian membuktikan sebaliknya. Rupanya gosip justru memiliki dampak baik sebagai media di masyarakat. Kok bisa?

Penelitian yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal berjudul Psychological Science tersebut menyimpulkan bahwa sebenarnya gosip baik bagimasyarakat.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa gosip tidak selamanya berbahaya atau merusak moral seperti yang selama ini banyak dibicarakan. Justru adanya gosip memberi beberapa keuntungan pada masyrakat.

Salah satu manfaat gosip, seperti disadur dari Dailymail.co.uk agar seseorang dapat belajar tentang perilaku orang lain.Selain manfaat tersebut, gosip jugadapat membuat seseorang mempertahankan kekompakan, membangun kepercayaan dan menekan sikap egois pada orang lain. Hal ini seperti diungap oleh seorang peneliti.

"Kelompok yang suka bergosip dapat menjaga kerjasama dan mencegah keegoisan, dibanding kelompok yang tidak bergosip," ujar Dr Matthew Feinberg, dari Stanford University.

Catatan bahwa gosip menjadi hal baik adalah bila yang mereka gosipkan orang lain. Namun bila seseorang yang menjadi objek gosip, maka justru membuat kerugian pada mentalnya. Salah satunya adalah ia akan mulai mengucilkan dirinya dari masyrakat dan merasa tak berharga lagi.

Sedangkan orang yang terlalu sering menggosipkan orang lain akan dicap sebagai orang yang buruk.Bisa dikatakan bahwa gosip seperti pisau, bisa bermanfaat dan merugikan, tergantung bagaimana menyikapinya.

(De)
Komentar