Penyebab Nasi Cepat Kering & Menguning

Sabtu, 03 Oktober 2015 09:00
Penyebab Nasi Cepat Kering & MenguningIlustrasi nasi @ceritaperut.com
Ibu-ibu rumah tangga pada saat ini lebih memilih memasak nasi dengan menggunakan rice cooker yang lebih cepat dan tanpa repot. Namun, seringkali nasi di dalam rice cooker cepat sekali mengering dan berubah warna menjadi kekuningan hanya dalam hitungan jam sesudah matang.

Menurut Maria Veronica Simanjuntak, Marketing Manager Philips Personal Health, terdapat berbagai faktor yang menyebabkan nasi cepat basi.

1. Voltage listrik. Ia mengatakan, di Indonesia voltage listrik sering naik turun sehingga mengganggu proses pemanasan nasi di dalam rice cooker. Ini bisa membuat nasi menjadi cepat kuning dan kering.

"Misalnya saat proses pemanasan rice cooker penuh dengan nasi, nah saat voltage-nya turun rice cooker tidak berfungsi dengan sempurna dalam memanaskan nasi," ujar Maria kepada VIVA.co.id saat ditemui di acara Festival Nasi.

2. Jenis beras yang memang kurang bagus. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk selalu membeli beras berkualitas yang tahan lama.

3. Rice cookernya sendiri. Umumnya, rice cooker yang sudah digunakan lebih dari dua hingga tiga tahun, apalagi jika tidak benar-benat dirawat maka fungsinya tak maksimal lagi.

Fungsi pemanas rice cooker yang tidak sempurna dan tutup rice cooker yang tidak lagi rapat juga akan menyebabkan nasi cepat basi karena terpapar udara.

Rice cooker yang sudah tidak berfungsi dengan baik, fungsi pengaturan suhunya juga sering tidak stabil, yang pasti akan berdampak pada kondisi nasi.

"Padahal, kalau suhunya terlalu rendah, nasi jadi lembek dan cepat basi. Tapi, kalau suhu terlalu tinggi, nasi jadi cepat kering," kata Maria seperti dikutip dari laman viva.co.id (01/10).
(De)
Komentar