3 Cara Bedakan Telur Segar & Tidak

Selasa, 22 September 2015 10:00
3 Cara Bedakan Telur Segar & TidakTelur Ayam @jatinangorku.com
Bagi sebagian orang, membedakan mana telur yang masih segar dan yang tidak memang gampang. Namun bagaimana untuk orang-orang yang tak bisa membedakan mana telur segar dan tidak?

Padahal, telur akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh dalam kondisi yang masih segar. Jika telur sudah tidak segar lagi, maka manfaatnya pun akan berkurang. Apalagi jika telur sudah busuk, manfaatnya menjadi tidak ada sama sekali, dan malah bisa menimbulkan penyakit.

Dilansir dari tribunnews.com, berikut cara membedakan telur yang masih segar dan tidak.

1. Rendam dalam air

Rendam telur dalam wadah berisi air dingin (suhu ruang). Bila telur yang masuk ke air terlihat dalam posisi tidur, maka tandanya telur tersebut masih segar.

Tapi, jika telur posisinya miring, artinya telur tersebut telah disimpan kurang lebih selama 3 sampai 5 hari. Dan, kalau telur berdiri di dalam air, maka kemungkinan besar telur telah disimpan selama 10 hari atau lebih.

Kalau telur mengambang? Itu tandanya telur tersebut sudah rusak atau busuk, dan tidak layak dikonsumsi lagi.

2. Sorot dengan senter atau lampu

Bila disorot dengan senter atau lampu, telur berwarna terang dan jernih, itu artinya telur masih segar. Sebaliknya, kalau berwarna buram, maka tandanya telur sudah tidak segar lagi.

3. Pecahkan telur

Pecahkan telur di atas piring dan amati kuning telurnya. Kalau kuning telur berbentuk bulat sempurna dan masih tegak, dengan albumin tebal melapisinya, berarti telur itu masih segar.

Jika telur sedikit melorot dan albumin tampak transparan, berarti telur sudah lama disimpan, namun masih tetap bisa dikonsumsi.

Nah, bila kuning telurnya sudah datar dan albumin tampak seencer air, berarti telur sudah tidak segar lagi, dan tidak baik dikonsumsi.
(De)
Komentar